Sidang WHO Setujui Resolusi Evaluasi Penanganan Corona

Farah

Sidang WHO Setujui Resolusi Evaluasi Penanganan Corona

Jakarta, Indonesia — Seluruh negara peserta forum Majelis Kesehatan Dunia (WHA) menyatakan menyetujui resolusi yang meminta evaluasi secara mandiri dan menyeluruh tentang penanganan virus corona (Covid-19).

Sidang tersebut digelar oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak Senin (18/5) dan berakhir pada Selasa (19/5) melalui telekonferensi.

“Mari kita beralih ke draf resolusi. Apakah Majelis Kesehatan sudah siap untuk mengadopsi draf resolusi seperti yang diusulkan? Karena saya tidak melihat permintaan apapun dari anggota, saya menganggap tidak ada yang keberatan dan dengan ini resolusi tersebut kita setujui,” kata Presiden WHA, Keva Bain, saat memimpin sidang dari Jenewa, Swiss, seperti dilansir Associated Press, Rabu (20/5).

Resolusi tersebut juga mencantumkan evaluasi akan dilakukan pada saat yang tepat, untuk menelaah pengalaman dan pelajaran yang bisa diambil dari koordinasi internasional WHO soal penanganan terhadap Covid-19.

Akan tetapi, di dalam resolusi tersebut tidak merinci bagaimana, kapan dan siapa yang akan melakukan evaluasi tersebut.

“Seperti biasa, WHO akan tetap berkomitmen untuk tetap terbuka, akuntabel, dan terus melakukan perubahan. Kami menginginkan akuntabilitas melebihi siapapun,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam jumpa pers.

Tedros mengatakan saat ini WHO masih fokus menghadapi pandemi dengan mengerahkan seluruh kemampuan.

Kemarin, Tedros berjanji akan melakukan penyelidikan mandiri terkait tanggapan lembaga tersebut dalam menangani virus corona jika kondisinya dinilai sudah tepat.

Lihat juga:

AS Sebut WHO Gagal Tangani Corona

Pernyataan tersebut disampaikan menanggapi resolusi yang diajukan sejumlah negara Afrika, Eropa dan lainnya untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penanganan pandemi virus corona.

“Dalam kerangka tersebut, kami menampung resolusi yang diajukan sebelum majelis ini, yang meminta diadakan evaluasi secara mandiri, menyeluruh dan berimbang,” kata Tedros dalam forum sidang Majelis Kesehatan Dunia (WHA) di Swiss.

“Supaya benar-benar menyeluruh, maka evaluasi seperti itu harus didukung oleh seluruh pihak dengan niat baik. Jadi saya akan melakukan evaluasi mandiri dalam waktu yang tepat untuk menilai pengalaman dan pelajaran yang bisa diambil, dan membuat usulan untuk memperbaiki kesiapan menghadapi situasi wabah secara nasional dan pandemi secara global,” ujar Tedros.

[Gambas:Video ]

Tedros menyatakan Komisi Pemantau dan Penasihat Independen WHO sudah menerbitkan laporan soal penanganan pandemi virus corona setebal 11 halaman. Di dalamnya berisi rekomendasi terhadap sekretariat dan para negara anggota. (ayp/ayp)

Next Post

Lebaran di Depan Mata, Penjualan Alfamart dan Indomaret Lesu

Jakarta, Indonesia — Ritel modern Alfamart dan Indomaret mencatat penurunan penjualan, meski perayaan lebaran di depan mata. Penurunan penjualan disinyalir karena penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi virus corona. Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan penjualan di seluruh gerai ritel modern perusahaan berkisar 5-7 persen jelang lebaran dibandingkan awal Maret […]