Setelah Menang Oscar, Lokasi Syuting Film Parasite Jadi Objek Wisata Baru di Korsel

Irene

Film Parasite dinobatkan sebagai film terbaik 2020 atau Best Picture dalam ajang Academy Awards. Parasite merupakan film produksi Korea Selatan (Korsel) yang menjadi film bahasa asing pertama yang memenangkan kategori Best Picture. Film ini juga meraih tiga penghargaan di tiga kategori lain.

Rakyat Korsel menyambut gembira kemenangan Parasite di ajang bergengsi tersebut. Kini, sejumlah lokasi pengambilan gambar film tersebut menjadi objek wisata baru di Korsel yang ramai didatangi pengunjung.

Toko pizza yang ditampilkan dalam film tersebut juga mengalami peningkatan jumlah pelanggan.

“Penjualan meningkat,” kata Eom Hang-ki (65), pemilik Sky Pizza di Seoul selatan.

“Kemarin, mesin pembuat pizza rusak karena kelebihan pesanan,” lanjutnya, dikutip dari Alarabiya, Jumat (14/2).

“Istimewa, menyentuh, dan menghangatkan hati ketika mereka memenangkan penghargaan itu.”

Pelanggan, Go Jin-kyu (37) mengatakan mengunjungi toko pizza itu membuatnya merasa bangga sebagai warga Korsel.

“Saya hanya mengunjungi waralaba restoran pizza besar, datang ke sini karena lokasi film yang benar-benar istimewa,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Toko Kelontong Ramai Pengunjung

Pemerintah Kota Seoul berupaya memanfaatkan fenomena “Parasite”, dengan halaman di situs web pariwisatanya menampilkan empat lokasi syuting.

Di toko kelontong Supermarket Pig Rice di Seoul barat, yang juga menjadi lokasi syuting film karya sutradara Bong Joon-ho itu, pemilik Kim Kyung-soon mengatakan: “Saya benar-benar bahagia dan berterima kasih kepada mereka karena syuting film hebat di sini dan membuat saya terkenal juga.”

Tetapi tidak semua menanggapi positif, tambah Kim, yang telah menjalankan toko selama 35 tahun: dengan pembicaraan tentang situs yang dilestarikan sebagai objek wisata, beberapa warga khawatir lingkungan itu tidak akan dibangun kembali.

2 dari 2 halaman

Kebahagiaan Rakyat Korsel

Media sosial Korea Selatan ramai memperbincangkan dan merayakan kemenangan film Parasite di ajang Academy Award ke-92. Kemenangan Parasite menjadi sejarah bagi negara tersebut.

Sutradara Parasite, Boong Joon-ho menyampaikan dirinya merasa sangat terhormat diberikan penghargaan untuk kategori Naskah Asli Terbaik atau Best Original Screenplay, piala Oscar pertama untuk industri perfilman Korsel.

Namun kemudian setelah beberapa lama, kembali diumumkan Parasite memenangkan kategori International Feature Film, Sutradara Terbaik atau Best Director untuk Bong, dan Best Picture.

“Saya siap minum-minum malam ini,” canda Bong, setelah menyampaikan terima kasih kepada para pemain dan kru dalam pidato kemenangannya untuk kategori International Feature Film award, dikutip dari The Straits Times, Senin (10/2).

Produser Eksekutif, Kwak Sin-ae mengatakan tak bisa berkata-kata saat mengetahui Parasite menang Best Picture.

Tagar Parasite dan sutradara Bong Joon-ho menjadi trending di Twitter Korsel. Film tersebut juga menjadi paling banyak dicari di portal lokal Naver Web setelah memenangkan empat penghargaan.

Setelah nominasi Oscar diumumkan pada Januari, Bong mengungkapkan dia melihat pertanda bahwa bahasa tak lagi menjadi penghalang untuk mendunia.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Korsel, Harry Harris mengatakan pihaknya merayakan kemenangan Parasite.

“Kami sedang melakukan pesta sambil menonton di kedutaan sembari makan jjapaguri”, kicaunya di Twitter, mengacu pada makanan sejenis mi yang dimakan keluarga kaya di film tersebut. Parasite adalah film komedi satir yang menggambarkan ketimpangan ekonomi antara si kaya dan si miskin di Korsel

[pan]

Next Post

Kemenkeu Bidik Sertifikasi 15.426 Bidang Lahan Aset Negara

Jakarta, Indonesia — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan sertifikasi untuk 15.426 bidang lahan yang masuk dalam Barang Milik Negara (BMN) pada 2020. Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Encep Sudarwan menyebut sertifikasi bidang tanah BMN dibutuhkan karena merupakan bukti kepemilikan dan juga sebagai bentuk pengamanan hukum atas BMN. Dari […]