Senior Demokrat: AHY dan Ibas yang Paling Menonjol Jadi Pengganti SBY

Irene

Wakil Ketua Umum Demokrat Syariefuddin Hasan meyakini hanya ada dua calon penerus Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai ketua umum Demokrat. Yaitu dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

“Jadi pemimpin-pemimpin, calon-calon kader muda untuk tampil. Dan yang paling menonjol dari semuanya itu ya memang dua orang itu (AHY dan Ibas),” ujar Syarief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/2).

Syarief, yang merupakan senior di partai, mengaku tidak minat bertarung di Kongres Demokrat 2020. Dia akan mengambil peran membimbing pemimpin muda Demokrat nantinya.

“Saya kan sudah senior. Senior itu membimbing juniornya. Mengawal apalagi tahun 2024 itu generasi milenial yang muncul. Jadi tugas para senior itu mengawal,” jelasnya.

Syarief mengaku belum tahu arah pemilik suara Demokrat di daerah apakah kepada AHY atau Ibas.

Dia yakin, SBY merestui adanya regenerasi kepemimpinan di partai. Sehingga mendorong salah satu putranya agar maju di Kongres menggantikan dirinya.

“Ini bukan menyangkut masalah ikhlas atau tidak ikhlas. Tetapi proses regenerasi itu perlu. Dan kita di Demokrat sangat memahami itu. Jadi apalagi Pak SBY sangat mendorong ada proses regenerasi,” kata Syarief.

1 dari 1 halaman

Pendiri Partai Demokrat Achmad Mubarok menyebut tidak tertutup peluang munculnya 'kuda hitam' di luar nama AHY dan Ibas. Menurut dia, ada kader Demokrat yang sudah bisik-bisik memberitahukan dan berkonsultasi dengannya untuk maju menjadi caketum. Mubarok menuturkan, si calon ini tahu bahwa maju Kongres Demokrat butuh modal besar. Selain dukungan, salah satunya uang.

Calon ini, kata dia, berkantong tipis. Modalnya hanya idealisme yang tinggi untuk membesarkan partai. Sayang Mubarok enggan membeberkan identitas kader tersebut.

Selain modal besar, dia menyebut banyak tidaknya kader maju caketum juga tergantung suasana dan dinamika politik nasional. Dia beranggapan nuansa politik terkini yang sedang lesu membuat kader Demokrat kurang berminat maju di Kongres.

“Mereka baru bisik-bisik saja. Belum terbuka. Kubu ada beberapa, orangnya konsultasi ke saya. Biasanya calon-calon muncul setengah bulan sebelum kongres,” jelas dia. [ray]

Baca juga:
Marzuki Alie: AHY dan Ibas di Kongres Demokrat, Apa Tak Ada Calon Lain?
AHY Bersiap Maju Jadi Capres di Pemilu 2024
AHY Dideklarasikan jadi Ketum Demokrat saat ke Kupang: Ini Doa dan Harapan Saya
AHY atau Ibas yang Bisa Kembalikan Kejayaan Demokrat?
Ketua DPP Demokrat Klaim DPC Se-Indonesia Ingin AHY Jadi Ketum Gantikan SBY

Next Post

5 Jenis Bunga yang Bisa Dijadikan Teh, Bisa Kurangi Resiko Penyakit Diabetes

Beberapa jenis bunga tidak hanya berfungsi sebagai penghias maupun untuk mengungkapkan perasaan cinta bagi seseorang. Ada beberapa jenis bunga yang bisa dikonsumsi sebagai minuman, dan kaya akan manfaat untuk kesehatan. Bunga-bunga itu mempunyai kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya yang bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk penyakit manusia. Bahkan beberapa jenis […]