Review realme Buds Q: Audio Keren dengan Desain Premium

Irene

Review realme Buds Q: Audio Keren dengan Desain Premium

realme kembali merilis perangkat True Wireless Stereo ke pasar Indonesia. Setelah realme Buds Air Neo, kini giliran realme Buds Q yang mendapatkan perhatian masyarakat berkat desainnya yang cukup unik.

Bisa dibilang, realme Buds Q adalah manifestasi realme untuk terus memperluas cakupan AIoT mereka. Setelah realme Band dan realme Watch, realme Buds Q siap hadir untuk menjadi pilihan masyarakat yang sedang mencari perangkat TWS entry-level namun dengan kualitas premium.

Desain

Sudah menjadi tradisi realme untuk berkolaborasi dengan seniman kenamaan untuk merancang setiap produknya. Begitu juga dengan realme Buds Q yang dirancang oleh desainer Prancis Jose Levy. Menurut Levy, realme Buds Q terinspirasi dari batu bulat (cobble).

Bentuk casing realme Buds Q terlihat memang seperti batu lonjong yang berkilauan. Dengan tekstur doff, membuat casing realme Buds Q terlihat lebih premium. Di bagian belakang terdapat port Micro-USB untuk pengisian daya. realme juga merancang realme Buds Q agar tetap ringan. Dengan bobot keseluruhan 35.4g, serta setiap Buds hanya 3.6g.

realme Buds Q ©2020

realme Buds Q memiliki desain earpiece yang ergonomis masuk ke dalam telinga (in-ear) yang panjang seperti paruh, sesuai dengan bentuk telinga bagian dalam kebanyakan orang. Bentuk earpiece-nya terbuat dari ukiran halus 48 derajat di bagian atas dan 97 derajat di bagian bawah.

Dari semua itu, yang paling membuat terkesan adalah realme Buds Q sudah mendukung sertifikasi IPX4, menjadikannya tahan terhadap percikan air, hujan ataupun keringat dalam pemakaian sehari-hari.

Dentuman Audio

realme menyematkan driver besar 10mm yang sudah diperkuat oleh diafragma komposit polimer PEEK & PU berkualitas tinggi untuk pengalaman suara yang luar biasa. Bahan PEEK mereproduksi suara frekuensi menengah ke tinggi yang lebih baik, namun bahan PU lebih baik untuk memberikan bass yang dalam dan kuat.

Untuk menebalkan bass, realme Buds Q sudah diperkuat oleh solusi The Dynamic Bass Boost (DBB), yang diciptakan oleh timah liakustik realme setelah pengujian berulang kali.

realme Buds Q ©2020

Dalam pengujian kami, musik dengan genre EDM sangat terasa Ketika kami menggunakan realme Buds Q. Hal yang sama juga berlaku untuk musik dengan tempo-tempo yang cepat. Apalagi, realme Buds Q sudah mendukung audio berjenis AAC yang menawarkan pengalaman audio lebih nyata.

Konektivitas

Proses pairing realme Buds Q dengan smartphone berlangsung sangat instan. Berkat chip R1Q, realme Buds Q akan langsung tersambung Ketika pengguna membuka case. Dalam pengalaman kami, proses pairing berlangsung kurang dari sedetik.

R1Q True Wireless Chip juga menciptakan koneksi yang cepat dan stabil antara smartphone Anda dan realme Buds Q. Bermanfaat untuk beralih ke Mode Gaming latensi rendah untuk sinkronisasi antara video dan audio saat bermain game atau menonton film. Latensi berkurang sebanyak 51%, hanya perlu 119ms untuk mentransfer suara dari smartphone Anda ke realme Buds Q.

Sistem Kontrol Cerdas

Secara pintar, realme Buds Q dapat mendeteksi sentuhan pengguna untuk berbagai keperluan, misal menjawab/mengakhiri panggilan telepon, berganti musik dan mengaktifkan mode permainan. Beberapa perintah dapat dilakukan tergantung berapa kali Anda menyentuh realme Buds Q.

Kontrol Cerdas realme Buds Q:

Sentuh dua kali: menjawab panggilan telepon, memainkan/menjeda musik
Sentuh tiga kali: beralih ke lagu selanjutnya
Tekan dan tahan salah satu buds selama 2 detik: mengakhiri panggilan telepon
Tekan dan tahan kedua buds selama dua detik: masuk/keluar mode Gaming

DayaTahan

Menilik dari spesifikasinya, realme Buds Q memiliki baterai 40mAh dan baterai sebesar 400mAh di dalam case. Dengan daya sebesar itu, realme Buds Q dapat memberikan 3 jam bertelepon secara terus menerus dan 4,5 jam waktu mendengarkan musik tanpa henti, yang hampir sama dengan menonton 2 film dan 4-5 episode dari serial TV.

realme Buds Q ©2020

Di dalam case, realme Buds Q mendapatkan total pemakaian hingga 20 jam. Jika pengguna hanya menggunakan realme Buds Q selama 3 jam per hari, maka perangkat ini hanya perlu diisi daya seminggu sekali.

Kesimpulan

realme Buds Q adalah perangkat TWS paket lengkap berkat desain, performa, dan daya tahan yang luar biasa. Dengan harganya yang di bawah Rp 400.000, realme Buds Q dapat menjadi pilihan utama di segmennya. Poin plusnya juga realme Buds Q cocok untuk menemani kegiatan olahraga Anda. [hhw]

Next Post

Bayi di Sulbar Meninggal Usai 4 Hari Diimunisasi Polio

Bayi berusia tiga bulan berinisial AF meninggal dunia usai diimunisasi polio. Korban adalah anak pertama dari pasangan Sultan dan Rosmiati warga Desa Patampanua, Kecamatan Matakali, Polman, Sulawesi Barat. Bayi mungil itu menjalani imunisasi Polio pada Kamis 25 Juni di Puskesmas Matakali. Saat itu kondisi bayi sehat. Setelah disuntik vaksin Polio, […]