Pusaka Kerajaan Majapahit Dikuasai Amerika Serikat, Ini Potret Penampakannya

Irene

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kebudayaan yang beragam. Dikenal sebagai negara yang kental akan tradisinya, tentu dulu Indonesia sempat melalui fase dipimpin oleh sebuah kerajaan, Majapahit salah satunya.

Pernah menjadi kerajaan pemimpin di Tanah Air, Majapahit memiliki banyak pusaka dan menyebar di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, terdapat pusaka Majapahit yang dikuasai oleh negara Amerika yang diletakkan pada Museum Metropolitan, New York. Ingin tahu? Berikut ulasannya dari berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

Patung Parvati yang Dibeli Amerika

Youtube/Andri Indonesia

Terlihat dari video unggahan saluran Youtube Andri Indonesia, beberapa pusaka peninggalan Majapahit yang ada di Museum Metropolitan, New York, salah satunya patung Parvati. Dalam video tersebut dijelaskan patung dewi dalam agama Hindu yang merupakan peninggalan Majapahit itu tengah dibeli oleh Amerika pada tahun 2001.

“Kita mulai dari patung ini, patung ini ternyata sudah ada sejak abad 14, dan telah masuk di sini dan dibeli sejak tahun 2001,” ujar Andri.

2 dari 7 halaman

Dibeli Seharga Rp630 Miliar

Youtube/Andri Indonesia

Saat Andri menanyakan keaslian barang yang ada di Museum tersebut, salah seorang petugas membenarkan bahwa semua barang yang ada adalah asli. Bahkan petugas itu mengungkap bahwa pihak museum membeli barang tersebut dengan harga Rp630 miliar.

“Excuse me Sir, do you think that's one is real?,” tanya Andri.

“All of here is real. One picture fourty seven million dollars, don't talk. We podcast,” jawab petugas.

3 dari 7 halaman

Perhiasan Peninggalan Majapahit

Youtube/Andri Indonesia

Tak hanya patung Parvati, di Museum Metropolitan, New York itu juga terdapat banyak perhiasan peninggalan Kerajaan Majapahit. Perhiasan yang terbuat dari emas tembaga itu tersusun rapi lengkap disertai dengan keterangan nama masing-masing.

“Terus kita lihat banyak perhiasan di sini. Ini ada perhiasan dari Majapahit, dan ini kebanyakan dibuat dari emas tembaga dan ada deskripsinya lho di sana. Ada banyak macemnya, jadi ini bukan nama asli ya. Jadi mereka buat sendiri nama dengan bahasa Inggris gitu,” jelas Andri.

4 dari 7 halaman

Ada Pusaka Pataka Majapahit

Youtube/Andri Indonesia

Pusaka Pataka Majapahit merupakan sebuah peninggalan yang tak kalah menarik dari patung Parvati dan juga banyaknya perhiasan oleh kerajaan yang ada di Museum Metropolitan. Pataka tersebut dimuseumkan oleh Samuel Eilenberg Collection pada tahun 1998. Pusaka Pataka Majapahit yang ada antara lain seperti Sang Dwija Naga Nareswara, Sang Hyang Baruna, Sang Hyang Naga Amawabhumi.

“Ada banyak lho pusaka Majapahitnya ini, kenapa ya kok bisa dimasukkan ke museum ini? Ternyata itu dimasukkan oleh Samuel Eilenberg Collection pada tahun 1998. Tak hanya pataka ini, Sang Dwija Naga Nareswara. Terus yang selanjutnya ini ada Pataka Sang Hyang Baruna, terus lagi yang ini satunya ini adalah Pataka Sang Hyang Naga Amawabhumi,” kata Andri menjelaskan.

5 dari 7 halaman

Garuda Wisnu Kencana

Youtube/Andri Indonesia

Terbuat dari perunggu, pusaka peninggalan Garuda Wisnu Kencana juga berdiri dalam sebuah lemari kaca khusus yang ada di Museum Metropolitan, New York. Andri mengatakan pusaka tersebut dibuat sekitar pada tahun 900-an.

“Terus ada lagi, ini ada Garuda Wisnu Kencana. Dia ini dibuat kira-kira itu tahun 900-an dan ini dibuat dari perunggu,” ujarnya.

6 dari 7 halaman

Ada Banyak Benda Peninggalan Tanpa Penjelasan

Youtube/Andri Indonesia

Tidak sedikit benda bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit yang dipajang tanpa keterangan di Museum itu. Kebanyakan benda tersebut dibuat dengan bahan dasar perunggu.

“Dan ini banyak juga dari perunggu yang enggak tahu, pokoknya banyak. Pokoknya ini melambangkan sesuatulah dan kalian lihat ini barang yang dibuat beberapa ribuan tahun yang lalu. Bisa keren-keren kayak gitu ya,” kata Andri.

7 dari 7 halaman

Benda Mirip Perisai

Youtube/Andri Indonesia

Menyusuri Museum Metropolitan yang ada di New York, Amerika, perhatian Andri tak luput dari satu benda yang menyerupai perisai. Benda ini memiliki bentuk bulat dan berukuran cukup besar dengan lambang seperti bintang ditengahnya.

“Yang terakhir itu, ada kayak perisai gitu ya, enggak tahu itu apa,” jelas Andri dengan nada heran dan bertanya-tanya.

[bil]

Next Post

5 Momen Tiara-Lyodra dan Raisa-Isyana, Diberi Kejutan hingga Kolaborasi Memukau

Indonesian Idol X kembali menampilkan Lyodra Ginting dan Tiara Anugrah dalam sebuah acara bertajuk Konser Kemenangan yang telah digelar Senin (9/3) malam. Acara ini juga dilakukan sebagai ajang reuni para peserta Idol yang sebelumnya telah tereliminasi. Sejumlah artis tanah air juga turut serta memeriahkan konser kemenangan tersebut. Mulai dari Dul […]