Pengikut Tarekat Abu Peuleukung di Aceh Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Irene

Pengikut Tarekat Abu Peuleukung di Aceh Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Pengikut tarekat Syattariah Abu Habib Muda Seunagan atau dikenal luas dengan nama Abu Peuleukung di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada hari ini, Sabtu (23/5). Ibadah salat Idul Fitri digelar di masjid setempat.

Salah satu keturunan Abu Peuleukung, Ampon Mudin, mengatakan bahwa sentral pelaksanaan salat Idul Fitri dilakukan dan diikuti semua warga yang ada di Gampong Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, dan sebagian besar warga Nagan Raya. Di desa tersebut, terdapat masjid, lokasi yang sama, di mana sang ulama republikan itu dimakamkan.

“Imam Abu Sayid Kamarudin, khatib, Teuku Raja Keumangan (Cucu Abu Peuleukung),” sebut Ampon Mudin, Sabtu (23/5).

Menurutnya, penetapan masuknya 1 Syawal sebagai tanda berakhirnya bulan suci oleh para pengikut Abu Peulekung berdasarkan hasil rukyat yang mereka yakini. Bukan berarti mendahului ketetapan konvensional yang diputuskan oleh otoritas terkait.

Pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri, imbuhnya, dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah selama masa pagebluk. Hal yang sama juga berlaku pada sebagian besar masjid di Aceh yang akan menggelar ibadah muakadah itu besok.

“Jadi, jemaah pakai masker, cuci tangan pakai sabun, kita ikuti sesuai petunjuk pemerintah,” kata dia. [cob]

Next Post

Dinas Penanaman Modal DKI Terbitkan 397 Surat Izin Keluar Masuk Jakarta

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta menerima 3.475 pengajuan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta sampai Jumat (22/5) kemarin. Tetapi, hanya 397 (SIKM) yang disetujui untuk diterbitkan. Kepala Dinas PMTSP, Benni Aguscandra, mengatakan penerbitan 397 SIKM dilakukan secara online. “397 Permohonan dinyatakan telah memenuhi persyaratan […]