Pemprov Sumsel Kucurkan Rp 5 M Perbaiki Bendungan Lahat yang Rusak Diterjang Banjir

Irene

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengucurkan Rp 5 miliar untuk memperbaiki bendung Air Mulak di Kabupaten Lahat. Bendungan ini hancur akibat dihantam banjir bandang beberapa waktu lalu.

Pelaksana Harian Sekretaris Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sumsel Yudi Saputra mengungkapkan, perbaikan sangat mendesak karena berpengaruh terhadap debit air ke areal pertanian. Kerusakan itu menyebabkan pasokan air jauh berkurang dan dapat mengaliri sawah jika debit tinggi.

“Kondisi bendungan hancur terkena banjir bandang tempo hari. Kita sudah anggarkan Rp 5 miliar untuk perbaikan,” ungkap Yudi, Jumat (14/2).

Dikatakan, saat ini pihaknya menunggu desain dari Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII dan diperkirakan mulai pekerjaan Mei 2020. Pengerjaannya memakan waktu enam bulan.

“April nanti lelang dan bulan berikutnya mulai konstruksi. Mudah-mudahan November nanti sudah rampung,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kerusakan bendungan Air Mulak disebabkan bebatuan yang terbaru arus banjir. Pihaknya meminta petani bersabar sambil menunggu proses pengerjaan.

“Bebatuan di sana besar-besar, bahkan ada sebesar rumah. Wajar bendungan itu rusak dihantam banjir bandang membawa material batu,” pungkasnya. [cob]

Next Post

Sempat Sakit Hati Dijuluki Babang Tamvan, Kini Andika Mahesa Mengaku Bersyukur

Nama Andika Mahesa atau yang lebih dikenal sebagai Andika Kangen Band tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pria asal Bandar Lampung ini dikenal dengan suara khasnya saat membawakan lagu yang easy listening dengan nada yang lembut dan lirik yang sukses menyentuh perasaan pecinta musik tanah air. Namanya […]