Pelanggan PLN Bisa Klaim Token Listrik Gratis Hari Ini

Farah

Pemeriksaan Instalasi rumah pelanggan PLN di daerah permukiman Tambora, Jakarta Barat. Kamis 22 Agustus 2019. CNN Indonesia/Andry Novelino

Jakarta, Indonesia —

PT PLN (Persero) memberikan kompensasi token listrik gratis kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19, khusus pelanggan bersubsidi. Token listrik gratis ini dapat diakses dan diklaim langsung oleh masyarakat mulai hari ini, Rabu (1/7).

Mengutip situs resmi www.pln.co.id, masyarakat tinggal mengklik bagian stimulus covid-19 (token gratis/diskon) dari halaman muka. Kemudian, masyarakat akan dialihkan untuk mengisi identitas pelanggan, nomor meteran listrik, nama, hingga tarif.

Subsidi akan diberikan khusus kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi (R1). Pelanggan 450 VA mendapat kompensasi gratis secara penuh. Namun, pelanggan dengan daya 900 VA mendapat diskon sebesar 50 persen.


Mulai Juli 2020, pelanggan yang telah terdaftar sebagai penerima subsidi dapat mengklaim kompensasi tersebut melalui beberapa cara.

Cara pertama, dengan klaim mandiri token listrik gratis seperti yang disebutkan di atas. Cara kedua, pelanggan bisa melalui chating aplikasi WhatsApp resmi PLN di nomor 08122-123-123.

Caranya, pesan pertama adalah kirimkan ID PLN ke nomor tersebut. Kemudian, akan mendapat pesan resmi otomatis dari pelayanan dan mengikuti arahan selanjutnya.

Untuk mengetahui apakah termasuk golongan subsidi atau bukan, bisa dilihat pada pembayaran sebelumnya, jika tercantum kode R1M pada kolom Tarif/daya golongan 900 VA itu berarti bukan subsidi dan tidak berhak mendapatkan token gratis, kecuali kode R1.

[Gambas:Video ]

(bir/age)

Next Post

Dalih LSI Denny JA soal Survei Meleset Corona Selesai Juni

Jakarta, Indonesia — Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA membeberkan alasan mengapa prediksinya meleset soal wabah virus corona (Covid-19) berakhir pada bulan Juni. Pada survei yang digelar April 2020, Denny JA merilis riset yang menyatakan bahwa Covid-19 di Indonesia akan berakhir pada Juni 2020. Riset tersebut menyertakan disclaimer mengenai kepatuhan terhadap […]