Observasi di Natuna Selesai, 9 Orang akan Pulang ke Jabar

Farah

Bandung, Indonesia — Masa observasi ratusan warga negara Indonesia (WNI) di Natuna, Kepulauan Riau, terkait¬†virus corona atau Covid-19 akan segera berakhir Sabtu (15/2). Pemerintah Jawa Barat bersiap menyambut kepulangan sembilan warganya (sebelumnya ditulis 13 orang) dari Natuna, besok.

Seperti diketahui, kesembilan warga Jabar dari Wuhan, China tersebut dikarantina sebagai antisipasi pemerintah pusat terhadap penyebaran virus corona. Masa karantina 14 hari sebagaimana inkubasi virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani mengatakan, kesembilan warga akan kembali ke daerah masing-masing.

“Ada sepuluh, tapi ke Jabar sembilan karena ada satu orang WNA waktu itu ikut rombongan yang diangkut dari Tiongkok,” kata Berli.

Menurutnya, pemulangan akan dikomandoi Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri dan Kantor Imigrasi.

“Semuanya dari evakuasi sampai pemulangan kewenangan Kemenlu, Kemenkes dan Imigrasi,” ujarnya.

[Gambas:Video ]
Rencananya, kesembilan warga Jabar yang pulang akan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2) bersama ratusan WNI lainnya. Setelah tiba, mereka akan pulang dengan keluarganya.

“Pemerintah provinsi yang warganya dikarantina hanya memantau, tidak terlibat dalam prosedur,” ucapnya.

Lihat juga:

Orang Tua Tak Tahu Mekanisme Resmi Pemulangan WNI dari Natuna

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Jabar Dodo Suhendar mengatakan serah terima WNI yang diobservasi di Natuna dilakukan oleh pemerintah pusat ke pemerintah daerah masing-masing.Meski begitu, pihaknya tetap ikut memantau kepulangan tersebut.

“Jadi kita sifatnya memantau saja. Kita mengantisipasi adanya penolakan warga. Karena khawatir ada informasi yang tidak benar di masyarakat,” ujar Dodo.

Dia menegaskan warga Jabar yang dievakuasi dari Wuhan yang telah dikarantina di Natuna sudah dinyatakan negatif virus corona.

“Tentu harapan kami tidak ada lagi dampak sosial. Karena mereka ini sudah melalui observasi, artinya negatif,” ucapnya. (hyg/osc)

Next Post

Shin Tae Yong Ungkap Target Seleksi Timnas Indonesia

Jakarta, Indonesia — Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengungkap target seleksi pemain yang digelarnya mulai 14-22 Februari 2020. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan latihan masih ringan menyesuaikan dengan kondisi banyak pemain yang baru bertanding di turnamen Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim). Dari 34 nama yang dipanggil, baru […]