Menkes Terawan dan Kepala BNPB Jemput WNI yang Dikarantina di Natuna

Irene

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo berangkat dari Jakarta untuk menjemput warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang diobservasi di Kepulauan Natuna, Riau.

“Hari ini hari yang berbahagia jadi kita semua sampai detik ini laporannya semua sehat. Jadi pada hari ini pukul 12.00 tanggal 15 Februari tepat waktu 14 hari masa observasi seperti yang ditentukan oleh WHO,” kata Menkes Terawan ketika ditemui sebelum berangkat ke Kepulauan Natuna dari Bandara Halim Perdanakusuma dilansir Antara, Sabtu (15/2) pagi.

Total 238 WNI dari episenter penyebaran virus corona di Wuhan, China dievakuasi dan menjalani observasi di Kepulauan Natuna selama 14 hari untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala-gejala penyakit tersebut.

Menurut Terawan, setelah dipastikan negatif corona mereka akan langsung dipulangkan ke daerah masing-masing. Tiket perjalanan sudah diberikan ke daerah tujuan para WNI tersebut.

1 dari 1 halaman

Selanjutnya, di daerah masing-masing mereka akan diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisi mereka tetap sehat.

“Setelah pulang kita minta untuk dinas kesehatan memantau, namanya surveillance tracking. Itu terus dikerjakan, itu otomatis,” kata Menkes.

Awal Desember 2019 muncul sebuah wabah baru di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China dengan gejala mirip flu dan pneumonia berat. Virus corona berjenis SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19 itu telah menginfeksi lebih dari 60.000 orang dan menyebabkan kematian 1.383 jiwa per Jumat (14/2). [ray]

Baca juga:
Anies Ajak Masyarakat Terima Baik Warga Jakarta usai Observasi di Natuna
Potret Pengantin di China Menikah Menggunakan Masker Karena Corona
Ganjar Harap Warga Pulang Kampung Setelah Diobservasi di Natuna Tak Dikucilkan
Kabar Pasien Corona di RSUP H Adam Malik Medan Dipastikan Hoaks
Dinkes Beri Pendampingan 12 Warga DKI Pulang Diobservasi di Natuna

Next Post

WNI yang Dikarantina Pulang Hari Ini, Istana Berterima Kasih ke Warga Natuna

Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Natuna yang telah bersedia wilayahnya menjadi lokasi observasi WNI dari Wuhan. 285 orang akan dipulangkan ke daerah masing-masih usai menjalani proses observasi selama 14 hari. “Terima kasih sebanyak-banyaknya dan hormat sehormat-hormatnya untuk seluruh warga Natuna yang menjadi tuan rumah […]