Mengenal Tradisi Meugang Jelang Idulfitri di Aceh

Irene

Mengenal Tradisi Meugang Jelang Idulfitri di Aceh

Jelang perayaan Idulfitri, ada tradisi yang sejak lama dilakukan masyarakat Aceh. Yakni Meugang. Meugang berarti membeli daging. Biasanya daging sapi atau kerbau untuk santapan di hari raya.

Tradisi di tengah masyarakat ujung Kepulauan Sumatera itu juga berlaku menjelang puasa. Artinya, Meugang ini hanya ada di akhir bulan Syakban dan memasuki Syawal.

Pada hari-hari tersebut, para pedagang daging sapi atau kerbau akan membanjiri pasar hingga pinggir-pinggir jalan di Aceh. Soal daging apa yang dominan dijual, biasanya tergantung daerah barat selatan Aceh dulunya cenderung daging kerbau.

Ada hal menarik pada hari Meugang. Di mana para pembeli tidak didominasi kaum ibu, tapi juga bapak-bapak. Tak ada tawar-menawar, harga sesuai kemauan si pedagang. Gengsi pembeli tetap bermain di sini. Karena daging wajib dibawa pulang, untuk menyenangkan istri, mertua, atau anak-anak di rumah.

Setelah daging dibeli, para ibu rumah tangga di Aceh akan masak besar. Daging-daging tersebut diolah menjadi kari atau rendang atau lainnya kemudian akan disantap keluarga atau disediakan kepada tamu saat hari halal bihalal.

Reporter: Rino Abonita
Sumber: Liputan6.com [noe]

Next Post

Lebaran Virtual ala Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merayakan hari raya Idulfitri 1441 H di kediamannya. Gubernur Anies mengajak semua warga Jakarta untuk memanfaatkan teknologi sebagai sarana bersilaturahmi dengan keluarga di tengah Pandemi Corona. Melalui siaran langsung akun Instagram-nya, Anies Baswedan memperlihatkan kehangatan lebaran bersama keluarganya di rumah. “Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, minal aidin […]