Masjid Berjalan di Aceh Jadi Alternatif Tempat Ibadah Saat Pandemi

Irene

Masjid Berjalan di Aceh Jadi Alternatif Tempat Ibadah Saat Pandemi

Di Aceh, truk yang disulap menjadi masjid. Hal ini menjadi sebuah alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan fasilitas beribadah lengkap di tempat publik saat pandemi.

Mobil Masjid dibangun atas inisiasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), dengan cara mengalihfungsikan kendaraan sejenis truk boks menjadi masjid. Masjid berjalan ini mampu menampung belasan jemaah.

“Mobil Masjid tangguh BPBA memiliki beberapa fasilitas, antara lain, sepuluh keran air untuk berwudu, sabun, tangga naik ke tempat salat, karpet, dan sound system,” kata Kepala BPBA, Sunawardi, Senin (29/6). Dikutip dari Liputan6.com.

Masjid ini didukung pula dengan akses air bersih langsung dari tangki air yang disediakan oleh BPBA. Sebelum beribadah, setiap jemaah juga harus menjalani protokol kesehatan terlebih dahulu, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, hingga mengenakan masker.

Hal lainnya yang menurut Sunawardi menjadi jaminan bahwa Mobil Masjid ini steril dari virus, yakni karena setiap hendak difungsikan, kendaraan ini akan menjalani disinfeksi terlebih dahulu. Dengan begitu, setiap orang dapat beribadah di Mobil Masjid tanpa rasa khawatir.

“Protokol kesehatan diberlakukan guna menjamin rasa aman dalam beribadah sehingga mobil ini menjadi alternatif bagi masyarakat yang berada di tempat umum dan jauh dari masjid,” pungkas Sunawardi. [cob]

Next Post

HUT Bhayangkara ke-74, Jokowi Minta Polri Ajak Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan

Upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-74 yang jatuh 1 Juli 2020 dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan Indonesia tidak boleh menyerah dari Covid-19. “Sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah, pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat,” kata Presiden Jokowi seperti […]