Laju Ekonomi Jerman Cuma 0,6 Persen 2019, Terendah Sejak 2013

Farah

Jakarta, Indonesia — Pertumbuhan ekonomi Jerman hanya 0,6 persen sepanjang 2019. Realisasi tersebut merupakan catatan terburuk sejak 2013 lalu.

Mengutip AFP, Jumat (14/2), pertumbuhan ekonomi Jerman pada kuartal IV 2019 terpantau stagnan. Pasalnya, kinerja industri berorientasi ekspor terus membebani pertumbuhan ekonomi Jerman.

Kementerian Ekonomi Jerman mengatakan kinerja industri lesu karena pesanan manufaktur juga cenderung loyo pada akhir tahun lalu.




“Ekonomi masih dalam fase lemah,” ujar Kementerian Ekonomi Jerman dalam keterangannya.

Perekonomian terbesar di Benua Eropa itu sempat berjaya pada periode 2017-2018. Namun, perang dagang dan sentimen British Exit (Brexit) membebani ekonomi Jerman pada akhir 2018.

Sebagai negara yang berorientasi ekspor, dampak negatif perang dagang dan ketidakpastian ekonomi global lainnya berpengaruh signifikan bagi Jerman.

Namun demikian, beberapa analis menilai capaian pertumbuhan ekonomi 2019 patut dirayakan. Mengingat Produk Domestik Bruto (PDB) Jerman tercatat negatif 0,4 persen secara tahunan (yoy) pada kuartal II 2019.

“Kinerja ekonomi yang stagnan pada kuartal empat merupakan keberhasilan kecil, mengingat kinerja industri menyusut signifikan,” kata Kepala Ekonom Bank KfW Grup Fritzi Koehler-Geib.

Lihat juga:

Cegah Dampak Corona, Pemerintah Genjot Konsumsi Rumah Tangga

Untuk diketahui, sektor industri Jerman menderita akibat penurunan tajam produksi pada Desember 2019 lalu. Kondisi ini diperburuk dengan lesunya belanja sektor swasta di kuartal terakhir 2019.

Akan tetapi, ekonomi Jerman berhasil diselamatkan dari kejatuhan tajam berkat tingkat pengangguran yang hampir mencapai posisi terendah dalam sejarah. Bertambahnya golongan kerja membuat pengeluaran publik meningkat sehingga konsumsi ikut terkerek naik.

Pada 2020, ekonom memprediksi ekonomi Jerman baru akan bangkit di semester pertama. Sebab, penyebaran wabah Virus Corona diramal akan membebani ekonomi Jerman pada kuartal I 2020. Untuk diketahui, ekspor Jerman ke China berkontribusi sekitar 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Kinerja ekonomi Jerman pada kuartal I 2020 sangat tergantung pada pengaruh Virus Corona pada ekonomi China dan ekspor Jerman ke China,” kata ekonom Commerzbank Joerg Kraemer.

[Gambas:Video ]

(ulf/sfr)

Next Post

9 Rekomendasi Drama Korea Romantis Saat Valentine

Jakarta, Indonesia — Korea Selatan memiliki begitu banyak drama romantis yang menyenangkan untuk ditonton ketika Valentine, mulai dari romantis komedi, romantis misteri, hingga romantis horor. Berikut rekomendasi drama Korea romantis yang bisa disaksikan kala Valentine bersama pasangan, maupun sendiri. My Secret Romance My Secret Romance merupakan salah satu drama romantis yang dibintangi […]