WHO: Dunia Harus Lebih Siap Hadapi Pandemi Berikutnya

Irene

WHO: Dunia Harus Lebih Siap Hadapi Pandemi Berikutnya

Direktur Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus kemarin mengatakan, dunia harus lebih siap untuk pandemi berikutnya dan negara-negara harus berinvestasi dalam bidang kesehatan masyarakat.

Dikutip dari Reuters, Selasa, (8/9) lebih dari 27,19 juta orang di dunia dilaporkan terinfeksi virus corona Covid-19 dan 888.326 telah meninggal.

“Ini bukan pandemi terakhir, sejarah mengajarkan kita wabah dan pandemi adalah sebuah fakta kehidupan, tetapi ketika pandemi berikutnya datang dunia harus siap, lebih siap daripada saat ini,” tegasnya dalam jumpa pers di Jenewa.

Sebelumnya, WHO tidak mengharapkan vaksinasi luas untuk Covid-19 bisa terlaksana hingga pertengahan tahun depan. Mereka menekankan pentingnya pemeriksaan ketat terhadap efektivitas dan keamanan vaksin.

Tak satupun kandidat vaksin dalam uji klinis lanjutan sejauh ini yang menunjukkan “sinyal jelas” kemanjuran pada tingkat setidaknya 50 persen yang diinginkan WHO, menurut juru bicara Margaret Harris, Jumat (4/9).

“Kami benar-benar tidak mengharapkan untuk melihat vaksinasi meluas sampai pertengahan tahun depan,” jelasnya dalam pengarahan di Jenewa, seperti dilansir dari Reuters.

“Uji klinis tahap 3 harus memakan waktu lebih lama karena kita perlu melihat seberapa protektif vaksin itu, dan kita juga perlu melihat seberapa aman vaksin tersebut,” tambahnya.

Tahap tiga merupakan fase terakhir dalam penelitian vaksin dengan melakukan uji klinis besar-besaran terhadap manusia. Namun, Harris tidak merujuk pada kandidat vaksin tertentu.

Reporter Magang: Galya Nge [pan]

Next Post

Selain Wakil Bupati Agam, Bakal Calon Bupati Limapuluh Kota juga Positif Corona

Dua bakal calon bupati (Cabup) di Sumatera Barat terkonfirmasi positif corona. Keduanya yakni bakal Cabup Limapuluh Kota Muhammad Rahmad dan Wakil Bupati Agam yang juga maju sebagai Cabup Agam, Trinda Farhan Satria. Dikutip dari Liputan6.com, pada 5 September 2020 atau dua hari sebelum dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, Muhammad Rahmad diketahui […]