Wamenkeu Sebut Pertemuan Virtual Bisa Menghemat Anggaran

Irene

Wamenkeu Sebut Pertemuan Virtual Bisa Menghemat Anggaran

Transformasi digital menjadi aspek yang tak dapat dielak dari kenormalan baru imbas pandemi covid-19. Sebab, akibat pembatasan sejumlah kegiatan luar ruang, mengharuskan adanya cara alternatif agar seluruh kegiatan dapat tetap berlangsung meski dalam pandemi.

Termasuk bekerja, belajar, belanja, dan berbagai hal lainnya yang dilakukan dari rumah. Sebagai fasilitas, tentu layanan digital jadi pilihannya. Di mana tidak diperlukan interaksi tatap muka. Sehingga menekan potensi menularkan covid-19.

Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara mengatakan, di lingkup Kementerian Keuangan, sebanyak 90 persen pegawai mengaku bahwa opsi bekerja dari rumah ini tidak menjadi masalah.

“Ternyata sejumlah besar pegawai kita fit dengan model kerja yang baru ini. 90 persen pegawai Kementerian Keuangan mengatakan bahwa pekerjaan mereka bisa mereka selesaikan secara online, 86 pegawai merasa pekerjaan yang mereka lakukan secara online dengan work from home itu tetap efektif,” kata Suahasil dalam Bincang Transformasi: Transformasi Digital bukan Pilihan, tapi Keharusan, Rabu (12/8).

Untuk saat ini, dengan diberlakukannya banyak agenda secara virtual turut menghemat belanja pemerintah. Sehingga dapat dialokasikan untuk penanganan covid-19 di Indonesia, karena tidak ada perjalanan dinas atau paket pertemuan lainnya. Namun demikian juga perlu dilakukan belanja untuk efektifitas kerja daring ini agar tetap produktif.

“Seluruh efisiensi seluruh pengurangan biaya yang mungkin bisa kita lakukan dengan bekerja secara virtual ini harusnya juga mendorong efektivitas kita, dan mendorong output kita dan tidak menjadi sesuatu yang kita korbankan ketika kita melakukan transformasi digital ini,” imbuhnya.

Di sisi lain, Suahasil juga mengakui ada beberapa pertemuan yang tidak dapat digantikan dengan daring. Seperti pertemuan yang sifatnya adalah untuk menyamakan pemikiran. Hal ini masih perlu untuk dilakukan secara tatap muka karena melibatkan emosi dalam interaksinya.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6.com [azz]

Next Post

Bertambah 5, Perusahaan di Jakarta Ditutup Sementara Capai 56

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah menyatakan pihaknya telah melakukan sidak terkait protokol kesehatan Covid-19 di 3.407 perusahaan. Menurut dia, data tersebut tercatat sejak PSBB masa transisi 8 Juni sampai 11 Agustus 2020. Dia mengatakan, sejumlah perusahaan mendapatkan peringatan hingga ditutup sementara karena melanggar protokol […]