Tetap Bertumbuh di Tengah Pandemi, Agen BRILink Layani Lebih dari 52 Ribu Desa

Irene

Tetap Bertumbuh di Tengah Pandemi, Agen BRILink Layani Lebih dari 52 Ribu Desa

Layanan branchless banking yang dimiliki oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau biasa disebut Agen BRILink, mengalami perkembangan pesat meski di tengah pandemi Covid-19. Melalui Agen BRILink, masyarakat bisa mendapatkan layanan perbankan lebih dekat, praktis dan lebih nyaman tanpa pergi ke kantor Bank. Dengan penyebaran Agen di seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua, semakin memudahkan masyarakat Indonesia mendapatkan akses perbankan.

“Hingga akhir Juni 2020, jumlah sudah mencapai lebih dari 434 ribu Agen dengan jumlah transaksi finansial 320 juta kali. Selain itu, Agen BRILink telah berkontribusi menghimpun dana murah Rp 9,5 triliun atau tumbuh 79% year-on-year,” ungkap Corporate Secretary BRI, Amam Sukriyanto.

Lebih lanjut Amam mengungkapkan, Agen BRILink bisa menjadi alternatif solusi bagi masyarakat yang ingin transaksi perbankan dan menghindari kerumunan. Tak perlu antre ke kantor Bank, mereka dapat bertransaksi dengan mendatangi Agen BRILink di sekitar tempat tinggalnya. Disamping itu, sebagian Agen BRILink juga memiliki usaha jualan baik sembako atau barang kebutuhan lainnya, sehingga masyarakat bisa sekaligus berbelanja kebutuhannya.

Agen BRILink juga berperan penting dalam membantu penyaluran bantuan sosial. Tahun 2020 ini telah dibagikan paket sembako untuk 7,3 juta keluarga penerima manfaat dari Program Sembako Kementerian Sosial senilai Rp 8,02 triliun. Selain itu, BRI melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) BRI juga menyalurkan 50 ribu paket sembako lewat Agen BRILink senilai Rp 5 miliar.

Saat ini, Agen BRILink bisa melayani berbagai transaksi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Transaksi ini di antaranya transfer, tarik tunai, setoran pembayaran tagihan listrik PLN, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, Gopay, OVO, layanan referral pembukaan rekening tabungan dan pinjaman dan berbagai transaksi lainnya. Yang terbaru, Agen BRILink juga melayani pembayaran tiket kapal feri ASDP yang pemesanannya dapat dilakukan melalui www.ferizy.com.

“Agen BRILink sudah tersebar di lebih dari 52 ribu desa. Dengan banyaknya desa yang telah dijangkau, BRI berharap dapat memberikan inklusi layanan keuangan yang makin luas kepada masyarakat,” pungkas Amam. [hhw]

Next Post

Pagi Ini, 27 Orang dari Secapa AD Bandung Dinyatakan Negatif Covid-19

Jumlah siswa terpapar virus Covid-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat atau Secapa AD, Kota Bandung, terus berkurang dibandingkan saat pertama kali diumumkan. Hari ini, 27 orang kembali dinyatakan negatif Covid-19. “Hasil lab PCR dari swab lanjutan pasien di Secapa AD sejak Jumat 31 Juli sampai dengan pagi ini Selasa […]