Tak Pakai Masker, Warga Bondowoso Dihukum Bersihkan Kuburan

Irene

Tak Pakai Masker, Warga Bondowoso Dihukum Bersihkan Kuburan

Kampanye penggunaan masker terus digalakkan di berbagai penjuru Tanah Air. Salah satunya seperti yang dilakukan di Bondowoso, Jawa Timur.

Petugas dari Polsek Maesan, Bondowoso memakai cara unik untuk mendisiplinkan warga yang masih bandel. Mereka yang nekat tak memakai masker, diminta untuk membersihkan kuburan yang ada di Desa Sumbersari, Kecamatan Maesan, Jumat (4/9).

“Warga pelanggar yang tak mengenakan masker sudah diberi hukuman dengan membersihkan kuburan. Demi kebaikan bersama,” ujar Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz.

Awalnya, masyarakat yang tak menggunakan masker akan diminta untuk menyapu jalan. Hanya saja, karena terlalu banyak dan dikhawatirkan justru menumpuk.

“Lalu tercetus ide untuk meminta pelanggar membersihkan kuburan. Kebetulan di dekat kami operasi ada kuburan,” papar mantan Kasat Resnarkoba Polres Jakbar ini.

Melalui cara ini, Erick berharap kesadaran masyarakat menggunakan masker bisa lebih meningkat. Sebab, masyarakat saat ini sudah dilonggarkan dalam beraktivitas, namun tetap harus menjaga jarak dan menggunakan masker.

Karena itu, lanjut Erick, masyarakat harus tetap mematuhi aturan yang ada dan menerapkan protokol kesehatan.

©2020 /Muhammad Permana

Agar lebih efektif, polisi akan coba mengusulkan pada gugus tugas kabupaten, sanksi lain selain sanksi sosial membersihkan kuburan. “Nanti coba diusulkan kalau efektif,” tutur Erick.

Sejauh ini, polisi bersama tim gabungan yang terdiri dari TNI, Satpol PP, BPBD terus melaksanakan sosialisasi Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan pengendalian Covid 19 kepada warga.

“Mudah-mudahan kesadaran masyarakat jadi lebih meningkat,”pungkas Erick. [bal]

Next Post

Pria Prancis Ini Akan Siarkan Kematian Secara Live di Media Sosial

Pria Prancis Ini Akan Siarkan Kematian Secara Live di Media Sosial. Alain Cocq yang menderita penyakit langka berencana menayangkan kematiannya di media sosial setelah memutuskan menghentikan perawatannya. Aksi itu sebagai bentuk protes atas keputusan Presiden Macron menolak permintaannya untuk suntik mati. Foto yang diambil pada 19 Agustus 2020 menunjukkan Alain […]