Selama 2019, PPID Kementerian Keuangan Terima 1.102 Permohonan Informasi

Irene

Selama 2019, PPID Kementerian Keuangan Terima 1.102 Permohonan Informasi

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto, mencatat selama 2019 Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Kementerian Keuangan menerima sebanyak 1.102 permohonan informasi dari publik. Di mana dari total permohonan tersebut 92 persen di antaranya disampaikan melalui saluran digital.

“Sedangkan 8 persen permohonan informasi disampaikan di petugas di ruang layanan informasi publik,” katanya dalam Webinar Keterbukaan Informasi Publik digelar secara virtual di Jakarta, Kamis (6/8).

Dia menjelaskan, sesuai dengan Pasal 28 huruf F Undang-Undang Dasar 1945 dinyatakan setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

“Memperoleh informasi hak semua orang. Kementerian Keuangan terus berupaya melaksanakan kewajibannya sesuai dengan amanat undang-undang keterbukaan informasi publik yaitu menyajikan dan memberikan informasi kepada masyarakat sejalan dengan undang-undang tersebut,” kata dia.

Kementerian Keuangan juga terus berupaya mewujudkan penyelenggaraan keterbukaan informasi yang baik, transparan, efektif, efisien, akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan. [azz]

Next Post

Jerinx Datangi Polda Bali: Bukan Bermaksud Buruk, Saya Murni Sebatas Kritik

Drummer Superman Is Dead (SID) I Gede Ari Astina alias Jerinx didampingi kuasa hukumnya I Wayan Gendo Suardana akhirnya mendatangi gedung Direskrimsus Polda Bali, pada Kamis (6/8) sekitar pukul 10.24 Wita. Jerix dengan santai keluar mobilnya bersama kuasa hukumnya. Ia mengenakan kaos oblong warna hitam dengan tulisan ‘Indonesia Tolak Rapid’. […]