Selain Wakil Bupati Agam, Bakal Calon Bupati Limapuluh Kota juga Positif Corona

Irene

Selain Wakil Bupati Agam, Bakal Calon Bupati Limapuluh Kota juga Positif Corona

Dua bakal calon bupati (Cabup) di Sumatera Barat terkonfirmasi positif corona. Keduanya yakni bakal Cabup Limapuluh Kota Muhammad Rahmad dan Wakil Bupati Agam yang juga maju sebagai Cabup Agam, Trinda Farhan Satria.

Dikutip dari Liputan6.com, pada 5 September 2020 atau dua hari sebelum dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, Muhammad Rahmad diketahui melakukan pendaftaran Pilkada 2020 ke KPU Limapuluh Kota. Sedangkan Trinda Farhan Satria mendaftar ke KPU Agam pada 6 September 2020.

“Iya dua bakal pasangan calon bupati di Sumbar terkonfirmasi positif, tim di daerah masing-masing sudah melakukan penelusuran kontak,” kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Sumbar, Jasman Rizal, Senin (7/9).

Dia menyebut, Trinda Farhan baru kembali dari Jakarta beberapa waktu lalu. Kemudian melakukan swab test yang hasilnya keluar hari ini.

Ketua KPU Agam, Riko Antoni mengatakan saat mendaftar, Trinda Farhan sudah melampirkan surat bebas Covid-19, tetapi surat itu per tanggal 30 Agustus.

“Saat ini kami sedang koordinasi dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Agam,” ujarnya.

Sementara Ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon mengatakan pihaknya sudah mendapat surat secara resmi, bahwa salah satu bakal calon yang mendaftar ke KPU positif Covid-19.

Menindaklanjuti itu, KPU Limapuluh Kota akan melakukan sterilisasi dan juga swab test kepada petugas yang ada di lembaga tersebut. “Sementara ini kantor dikosongkan, petugas bekerja dari rumah dulu,” jelasnya.

Data per 6 September 2020, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumbar mencapai 2.743 orang, 1.452 di antaranya sudah sembuh dan 60 jiwa meninggal dunia. Sementara sisanya masih diisolasi.

Total jumlah sampel masyarakat Sumbar yang diambil 111.870 orang, lalu untuk spesimen sampel yang diperiksa mencapai 132.742 sampel.

“Positive rate hingga kini 2,45 persen,” kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Corona Sumbar, Jasman Rizal.

Jasman mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak ketika beraktivitas di luar rumah.

“Jangan lupa sering mencuci tangan,” ia menambahkan. [cob]

Next Post

Dorong Pemulihan Ekonomi, OJK dan LPS Perbarui Kerjasama

Kesepakatan ini untuk memperlancar koordinasi sebagai upaya memperlancar dan mengoptimalkan penanganan permasalahan perbankan guna menjaga stabilitas sistem keuangan keuangan.