Ribuan Warga di Bengkalis Kena Tipu-Tipu IRT Modus Sembako Murah

Irene

Ribuan Warga di Bengkalis Kena Tipu-Tipu IRT Modus Sembako Murah

Wabah Covid-19 yang menghantam dunia tak terkecuali Indonesia betapa dirasakan di semua sektor. Terlebih ekonomi. Praktis, membuat segelintir orang memutar otak, mencari cara supaya 'dapur' tetap ngebul.

Tak semua pakai cara halal pastinya. Seperti yang terjadi di Kabupaten Bengkalis. S alias Minah, seorang Ibu Rumah Tangga nekat menipu hampir 2.000 orang bermodus sembako murah.

Kapolres Bengkalis Ajun Komisaris Hendra Gunawan menyebut ibu rumah tangga 49 tahun itu sudah tertangkap. Darinya petugas menyita uang puluhan juta diduga hasil penipuan sembako murah.

“Kasus ini berkat laporan warga yang datang ke rumah tersangka, meminta uang yang disetor, dikembalikan,” kata Hendra, Senin siang, 31 Agustus 2020.

Hendra menjelaskan, kasus di Kecamatan Bantan dan Bengkalis ini berawal saat Minah menawarkan sembako murah di media sosial.

Tersangka mematok Rp122.000 untuk 5 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, bihun setengah kilogram, dan satu kotak teh.

Kala itu ada warga bernama Khairani berminat. Setelah bertemu, tersangka menyebut harga sembako bisa menjadi Rp50.000 dengan syarat Kr mengumpulkan 20 orang.

“Syaratnya fotocopy kartu keluarga dan cukup bayar Rp50.000 per orang,” kata Hendra.

Tahap pertama ini, tersangka menyalurkan sembako murah tadi. Dia pun meminta Kr mencari lebih banyak orang lagi, begitu juga dengan warga lain sehingga ada 2.000 lebih KK terkumpul.

Korban Kr sendiri menyetor uang Rp29 juta lebih pada 8 Agustus 2020. Tersangka berjanji segera mengirim sebelum Agustus berakhir tapi tak kunjung diterima, sementara warga sudah menagih sembako murah.

“Dugaannya tersangka mengumpulkan uang Rp143 juta lebih dari ribuan warga, tapi baru sebagian yang ditemukan penyidik,” jelas Hendra.

Reporter: M. Syukur
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Next Post

CEK FAKTA: Hoaks Pertamina Bagikan Cek Tunai Rp150 juta Lewat SMS

Beredar sebuah pesan singkat atau SMS yang diklaim berasal dari PT Pertamina (Persero) yang membagikan cek tunai sebesar Rp150 juta. Pesan tersebut berisi: Selamat..!Anda T-pilih Dlam Program PT.Pertamina Persero Mndptkan Cek.Tunai Rp 150 jt KODE ID 385ua27 U/info cek di https://bit.ly/info-pertamina69 Liputan6.com Penelusuran Berdasarkan hasil penelusuran terkait klaim PT Pertamina […]