PKS Minta Pemerintah Jangan Hanya Andalkan Vaksin untuk Tangani Covid-19

Irene

PKS Minta Pemerintah Jangan Hanya Andalkan Vaksin untuk Tangani Covid-19

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Sukamta menyoroti kasus positif Covid-19 yang terus meningkat. Sukamta menilai perlu perhatian serius pemerintah lantaran belum diketahui kapan puncak kurva penyebaran Covid itu. Sukamta mengkritik pemerintah seakan hanya mengandalkan vaksin untuk menghadapi Covid-19.

“Saya kira membangun optimisme publik dengan siap produksi vaksin sah-sah saja, tetapi pemerintah jangan hanya andalkan vaksin,” ujarnya kepada wartawan, Senin (31/8).

Menurutnya, narasi pemerintah gencar menyiapkan vaksin, hingga adanya pelonggaran PSBB bisa membuat masyarakat berperilaku semakin longgar. Akibatnya semakin sulit mengendalikan virus corona.

Sebab itu, Sukamta menyarankan sebaiknya pemerintah memperbesar pengujian dan penelusuran kasus Covid-19. Mengutip WHO, Sukamta mengatakan seharusnya per hari bisa dilakukan pengujian sampai 50 ribu. Serta, perlu disiplin masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Dua hal itu sekarang prioritas dan fokusnya. Jika ada kendala SDM dalam hal testing dan tracing, semestinya pemerintah bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi, sekolah kesehatan dan lain-lain. Pemerintah juga bisa meniru model pool test yang dilakukan Pemda Sumatera Barat di Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, yang terbukti mampu meningkatkan jumlah tes secara masif. Kalau soal anggaran mestinya tidak ada kendala, karena dilaporkan baru terserap Rp7,36 triliun atau baru mencapai 13,98% dari pagu yang sebesar Rp87,55 triliun hingga Senin pekan lalu,” jelasnya.

Untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan, Sukamta menilai tidak bisa hanya berupa seruan. Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 harus disosialisasikan secara masif.

“Mestinya pemerintah dan pemda dahulukan sosialisasi secara masif. Pemerintah dan pemda dengan anggaran yang ada juga bisa sediakan masker dalam jumlah cukup secara berkala ke masyarakat. Aparat pemerintah juga harus bisa menjadi teladan dalam menjalan disiplin protokol kesehatan. Saya yakin dengan keseriusan untuk mensosialisasikan, masyarakat akan semakin disiplin,” kata Anggota Komisi I DPR RI ini. [ray]

Next Post

Senyap Taman Hiburan di New York Akibat Pandemi Covid-19

Senyap Taman Hiburan di New York Akibat Pandemi Covid-19. Musim panas di Wonder Wheel Deno biasanya diwarnai jeritan heboh pengunjung dari roller coaster hingga tawa anak-anak dari cangkir teh yang berputar. Namun, pandemi Covid-19 membungkam itu semua, membuat taman hiburan di New York ini menjadi senyap. Pemandangan bianglala di taman […]