Pertamina Hadirkan 1.226 Produk UMKM di Smexpo 2020

Irene

Pertamina Hadirkan 1.226 Produk UMKM di Smexpo 2020

PT Pertamina menyelenggarakan Smexpo 2020. Gelaran ini merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs) milik Pertamina. Adapun tujuan dari SDGs tersebut adalah mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, tema yang diusung dalam gelaran Smexpo tahun ini adalah Digitalisasi Usaha Kecil Bikin Bangga Indonesia. Pameran ini merupakan pameran online pertama dan terbesar.

“Tema yang kami usung adalah digitalisasi usaha kecil bikin bangga indonesia. Jadi ini merupakan pameran virtual Pertamina yang pertama dan terbesar karena kita akan mempersembahkan 1.226 produk umkm unggulan,” ujar Nicke dalam konferensi pers online, Jakarta, Selasa (8/9).

Nicke mengatakan, Pertamina Smexpo ini dipersembahkan khususnya memberikan kesempatan pada UMKM binaan Pertamina agar bisa memutar roda bisnisnya. UMKM merupakan sektor sangat penting bagi ekonomi Indonesia dan jadi tulang punggung bagi ekonomi Indonesia seperti krisis 1998.

“Pada krisis 1998 UMKM yang menopang sehingga relatif lebih stabil dibanding negara lain. Jadi UMKM ini tidak kurang dari 95 persen tenaga kerja, total investasi di negeri ini disumbang dari UMKM sebanyak 56 persen totalnya. Dan memberikan kontribusi 61 persen terhadap PDB Indonesia,” jelasnya.

Pertamina sebagai salah satu BUMN telah membina lebih dari 63.000 UMKM serta sudah mulai penyaluran pendanaan sekitar Rp3,5 triliun sejak 1993. Pembinaan UMKM tersebut menjadi tanggung jawab yang diamanatkan pada Pertamina.

“Pandemi yang terjadi memberikan tekanan yang berat bagi dunia usaha termasuk UMKM, dari survei internal kita sebanyak 53 persen mengalami penurunan demand, Pertamina telah membantu menyerap produk total transaksi Rl10 miliar, Pertamina memberikan pelatihan dalam bentuk virtual, Pertamina telah sediakan pasar digital sehingga diharapkan UMKM Pertamina dapat bertahan serta berjualan,” jelasnya.

Adapun Smexpo 2020 akan digelar pada 9 hingga 11 September. Semua masyarakat dapat mengakses melalui www.pertaminasmexpo.com. Berbagai kegiatan akan diselenggarakan seperti fashion show hingga penampilan dari deretan artis dan musisi ternama. [azz]

Next Post

Sosok Abdul Malik Fajar Bagi Haedar Nashir: Banyak Prestasi dan Bersahaja

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir berbelasungkawa atas meninggalnya mantan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Abdul Malik Fajar. Haedar mengatakan, Muhammadiyah, umat Islam, dan bangsa Indonesia kehilangan tokoh yang banyak prestasi, berpikiran maju, bersahaja dan melintasi. “Beliau pernah menjadi Menteri Agama RI, Mendikbud, Menko Kesra, dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden […]