Pakar: Ganjil Genap dan Pembukaan Bioskop Hanya Menambah Runyam Covid-19 di DKI

Irene

Pakar: Ganjil Genap dan Pembukaan Bioskop Hanya Menambah Runyam Covid-19 di DKI

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra menilai lonjakan angka kasus baru positif Covid-19 di Jakarta jangan dibiarkan. Dia menyarankan agar Gubernur Anies Baswedan segera mengeluarkan kebijakan baru guna mengendalikan lajur penyebaran.

“Kenaikan kasus di DKI ini bukan sesuatu yang bisa dianggap remeh ya artinya kita semua tidak boleh abai. Termasuk kepada masyarakat, maupun pemerintah provinsi,” ujar Hermawan kepada , Selasa (1/9).

Hermawan juga menyoroti beberapa kebijakan seperti pemberlakuan ganjil genap, pembukaan tempat wisata, termasuk bioskop yang dinilai tak tepat untuk menahan laju penyebaran Covid-19.

“Seperti kebijakan ganjil genap, pembukaan semua moda pariwisata bahkan juga pariwisata tertutup seperti bioskop. Ini hanya akan menambah runyam Covid di Indonesia terutama di wilayah tersebut,” katanya.

Hal ini juga berlaku bagi kedua Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menurut Hermawan memiliki kondisi banyak wilayah serupa seperti Jakarta.

“Termasuk Jawa Barat sampai Jawa Tengah yang sama-sama wilayah besar dengan jumlah penduduk yang luar biasa dan juga tipikal kota terutama seperti Bandung, Semarang dan wilayah Jabodetabek. Maka itu, harus ada prilaku pengendalian Covid lewat kebijakan,” jelasnya.

Oleh karena itu, dia menyarankan kepada ketiga kepala daerah tersebut untuk membuat kebijakan yang turut melibatkan masyarakat sampai akar rumput berbasis kelompok tingkat desa, kampung, maupun kelurahan. [ray]

Next Post

AI Startup Deep Longevity Launches with Series A Financing and New AI System to Tackle Aging-Related Diseases

HONG KONG, Sep 2, 2020 – (ACN Newswire) – Deep Longevity, a biotechnology company transforming longevity R&D through AI-discovered biomarkers of aging, came out of stealth today from Insilico Medicine with financing from prominent investors worldwide, the launch of the first AI system on the market for aging-related biomarker development, […]