Masa Karantina Berakhir, 365 Santri Sembuh dari Covid-19 dalam Sehari

Irene

Masa Karantina Berakhir, 365 Santri Sembuh dari Covid-19 dalam Sehari

Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi mengumumkan adanya tambahan 365 santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung yang sembuh dari virus Corona (Covid-19) dalam sehari per Minggu 13 September 2020.

Angka sembuh tersebut terbilang paling tinggi seiring berakhirnya masa karantina 14 hari klaster Ponpes Blokagung yang berakhir pada Sabtu 12 September.

“Adanya tambahan pasien sembuh sebanyak 365 orang, sehingga total kasus sembuh di Banyuwangi menjadi 656. Semua pasien yang sembuh hari ini dari klaster pondok pesantren. Ini seiring dengan masa karantina yang telah usai per tadi malam. Sehingga semua santri yang tidak bergejala lagi sudah dinyatakan sembuh,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Widji Lestariono, Minggu malam (13/9).

Rio juga menjelaskan perkembangan kasus Covid-19 di Banyuwangi ada tambahan 13 orang positif, sehingga total kasus di Banyuwangi menjadi 1025. Dari situ pihaknya terus mengingatkan masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kami terus mengingatkan warga masih tingginya potensi penyebaran virus corona di sekitar kita. Selama tiga minggu terakhir penambahan kasus baru terus terjadi dari transmisi lokal. Ini artinya membutuhkan disiplin yang lebih tinggi dari semua pihak,” ujarnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebelumnya telah mengeluarkan kebijakan WFH di lingkup kantor pemerintahan Pemkab. Anas meminta agar setiap rapat atau pertemuan kantor dilakukan outdoor, di ruangan terbuka atau ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang lancar.

Selain itu, Pemkab Banyuwangi juga kembali melakukan pembatasan jam operasional pertokoan untuk menekan laju penyebaran virus corona, seperti yang pernah dilakukan pada saat masa awal pandemi. Pembatasan juga dilakukan pada kegiatan warga yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti pernikahan dan sunatan.

Selain itu, secara khusus Anas juga meminta masyarakat untuk lebih perhatian pada warga yang usia lanjut maupun warga yang memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, ginjal, dan hipertensi. Infeksi virus corona akan meningkatkan resiko bagi orang yang sebelumnya memiliki komorbid (penyakit penyerta).

Setelah masa karantina klaster Covid-19 Ponpes Darussalam Blokagung berakhir, pihaknya masih melakukan penelusuran santri apakah masih ada yang menunjukkan gejala akan menambah masa karantina.

“Dengan berakhirnya masa karantina malam ini, semua santri besok akan dinyatakan sembuh. Kecuali yang masih menunjukkan gejala, akan kita tambah karantinanya lima hari ke depan,” kata Rio. [hhw]

Next Post

Dominasi Ekspor, Pertamina SMEXPO 2020 Catat Potensi Transaksi Lebih dari Rp9 Miliar

Pertamina SMEXPO 2020 berhasil membuka akses pasar untuk UMKM Indonesia. Mitra Binaan Pertamina yang menjadi peserta dalam ajang ini mencatatkan potensi transaksi hingga Rp 9,3 miliar baik dari transaksi ritel dan forum bisnis. Dari keseluruhan transaksi, potensi ekspor yang didapat dari forum bisnis menjadi transaksi yang paling mendominasi. Potensi ekspor […]