Mantan Menkeu Malaysia Lim Guan Eng Ditangkap Terkait Proyek Terowongan Bawah Laut

Irene

Mantan Menkeu Malaysia Lim Guan Eng Ditangkap Terkait Proyek Terowongan Bawah Laut

Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) mengonfirmasi bahwa mantan menteri keuangan Lim Guan Eng telah ditangkap dan akan didakwa di Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur dalam persidangan yang akan berlangsung Jumat 7 Agustus.

“Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) telah menerima instruksi dari Jaksa Agung untuk menuntut mantan menteri utama Penang Lim Guan Eng,” kata MACC dalam sebuah pernyataan Kamis (6/8) malam seperti dilansir The Star.

MACC mengatakan Lim Guan Eng akan didakwa berdasarkan Bagian 16 (a) (A) dari UU Antikorupsi 2009.

Dia juga akan didakwa di Pengadilan Sesi Penang pada 10 dan 11 Agustus di bawah Bagian 23 dari MACC Act 2009.

MACC mengatakan bahwa Jumat dan Senin depan dakwaan terhadap Lim atas kasus proyek terowongan bawah laut Penang senilai RM6,3 miliar yang kontroversial, sedangkan dakwaan 11 Agustus akan dikenakan untuk kasus lain.

Proyek terowongan bawah laut Penang yang kontroversial sekali lagi diperiksa oleh Komisi Antikorupsi Malaysia setelah mendapatkan petunjuk baru.

Penyelidik korupsi telah menanyai belasan orang atas kasus tersebut. Mereka termasuk Kepala Menteri Penang saat ini Chow Kon Yeow dan anggota dewan eksekutif negara bagian Jagdeep Singh Deo, Chong Eng, dan Phee Boon Poh.

MACC juga telah mengunjungi kantor ketua Komite Pekerjaan Umum, Utilitas dan Mitigasi Banjir negara bagian Zairil Khir Johari dan Wakil Menteri Utama II Dr P. Ramasamy di Komtar, Penang. Lim menjabat sebagai menteri utama Penang dari 2008 hingga 2018. [bal]

Next Post

Ulang Tahun Terakhir di Masa Jabatan, Bupati Anas Makan Lesehan Bareng Warga

Tanggal 6 Agustus 2020 merupakan hari ulang tahun Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Tahun ini merupakan ulang tahun terakhir di masa jabatannya sebagai bupati. Tahun depan, Anas akan menanggalkan jabatannya sebagai bupati karena sudah dua periode. Di ulang tahun terakhirnya sebagai bupati, Anas merayakan bersama warga Lingkungan Kampung Ujung, Kelurahan […]