MAKI Serahkan Daftar Saksi Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra ke Bareskrim

Irene

MAKI Serahkan Daftar Saksi Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra ke Bareskrim

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) akan menyerahkan daftar saksi terkait kasus Joko Tjandra ke Bareskrim Polri. Penyerahan akan dilakukan hari ini, Senin 10 Agustus 2020 pukul 11.00 WIB.

“MAKI akan menyerahkan daftar saksi yang terkait dengan tersangka Brigjen Polisi Prasetijo Utomo dan tersangka Anita Kolopaking ke Bareskrim,” kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangannya, Senin (10/8).

Daftar saksi yang akan diserahkan terdiri 4 orang. “3 orang swasta dan 1 aparat penegak hukum,” ucap Boyamin.

Boyamin menyebut saksi yang dia bawa sesuai dengan pengertian saksi yakni orang yang diduga mengetahui, melihat dan mendengar suatu peristiwa yang atas keterangannya menjadikan terang peristiwa tersebut. Dalam ha ini adalah peristiwa kaburnya Joko Tjandra.

“Saksi adalah orang yang belum tentu terlibat atau tidak terlibat sama sekali dengan suatu peristiwa tindak pidana namun keterangannya dibutuhkan untuk menambah atau memperkuat alat bukti yang sudah dimiliki Penyidik,” ucapnya.

Boyamin mengklaim penyerahan daftar saksi sebagai bantuan untuk aparat penegak hukum membongkar kasus Djoko. Oleh karena itu ia mengatakan tidak bisa membeberkan nama saksi dan langsung menyerahkan ke Bareskrim.

“Untuk penjelasan nama saksi dan dugaan keterkaitannya dengan para Tersangka alan diberikan setelah memasukkan surat kepada Bareskrim,” ia menandaskan.

Diketahui, pengacara Anita Kolopaking dan Brigjen Prasetijo Utomo terseret dalam kasus penerbitan surat jalan untuk buronan Djoko Tjandra. Baik Anita maupun Prasetijo telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini.

Anita Kolopaking disangkakan dengan Pasal 263 (2) dan Pasal 223 KUHP. Sementara Prasetijo disangkakan dengan pasal berlapis yakni Pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 E KUHP, Pasal 426 ayat 1 KUHP, dan Pasal 221 ayat 1 ke 2 KUHP.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com [gil]

Next Post

Usai Memerkosa Perempuan di Bintaro, Pelaku Curi Handphone Korban

Jajaran Reskrim Polres Tangerang Selatan berhasil menangkap terduga pelaku pemerkosaan terhadap perempuan berinisial AF, di Bintaro, Tangerang Selatan, tahun lalu. Pelaku berinisial RI, berusia 19 tahun. Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Imam Setiawan mengatakan, hingga kini pihaknya masih memeriksa RI. Dari hasil sementara, motif RI lakukan pemerkosaan tersebut berawal dari mencuri. […]