Ketua MPR: Banyak Negara Pentingkan Kesehatan, Namun Alami Resesi

Irene

Ketua MPR: Banyak Negara Pentingkan Kesehatan, Namun Alami Resesi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah pemerintah di masa pandemi Covid-19 yang menjalankan pemulihan kesehatan dan ekonomi secara bersamaan. Dia menilai, Indonesia bakal kesulitan secara ekonomi dan terjerumus pada resesi jika hanya berpatok pada penanganan kesehatan.

Oleh karenanya, Bamsoet menanggapi positif dibentuknya Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Keputusan Pemerintah membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional kami pandang sangat tepat, mengingat persoalan ekonomi dan kesehatan tidak dapat dipisahkan dengan penanganan Covid-19,” ucapnya saat membuka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI 2020 di Gedung Nusantara, Jakarta, Jumat (14/8).

Bamsoet tak mau pemerintah hanya berfokus pada pemulihan kesehatan saja saat pandemi virus corona. Pernyataan itu diberikannya dengan merujuk negara lain yang akhirnya tenggelam dalam resesi lantaran perekonomiannya terabaikan.

“Pengalaman sejumlah negara menjadi pelajaran penting bagi kita semua. Tidak sedikit negara yang lebih mengutamakan penanganan kesehatan pada akhirnya menghadapi persoalan ekonomi yang kompleks, bahkan sampai terjadi resesi,” tuturnya.

Namun, dia menekankan, pemerintah juga tetap harus mementingkan unsur kesehatan, yang menurutnya jadi pendorong utama tergeraknya perekonomian suatu negara. “Tentu dengan catatan, bahwa kesehatan tetap menjadi prioritas karena dengan sehat, persoalan ekonomi menjadi lebih mudah penanganannya,” imbuh dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Next Post

Ketua MPR Sebut Resesi Ekonomi Akibat Covid-19 Terparah Sejak Perang Dunia II

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengatakan, resesi ekonomi akibat pandemi Virus Corona sudah hampir terjadi di seluruh negara. Resesi akibat virus baru tersebut merupakan yang terburuk dalam sejarah sejak Perang Dunia II. “Bank Dunia melansir bahwa resesi sudah hampir pasti terjadi di seluruh wilayah ekonomi dunia. Resesi akibat […]