Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat, Menag Imbau Umat Ibadah di Rumah

Irene

Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat, Menag Imbau Umat Ibadah di Rumah

Kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Sejumlah pimpinan daerah memperketat aturan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau umat untuk mematuhi aturan Pemda dan Gugus Tugas.

Untuk wilayah dengan kasus tinggi atau zona merah, Menag mengimbau umat agar membatasi beraktivitas di luar, dan melaksanakan ibadah di rumah.

“Kami imbau, umat yang tinggal di kawasan dengan kasus positif Covid-19 yang tinggi, agar sementara membatasi aktivitas di luar, serta beribadah di rumah dulu. Mari, sama-sama kita patuhi arahan Pemda dan Gugus Tugas. Semoga pandemi ini segera berakhir,” kata Fachrul dalam keterangan pers, Jumat (9/11).

Tidak hanya itu Fachrul juga ajak masyarakat agar menjadi teladan disiplin mematuhi penerapan protokol kesehatan. Sebab kata dia mematuhi hal tersebut adalah wujud kontribusi menghadapi pandemi Covid-19.

“Tugas seorang hamba Tuhan adalah mewujudkan kemaslahatan bagi sesama. Karenanya, kepatuhan dan disiplin terhadap protokol kesehatan harus diyakini sebagai bagian dari wujud pelaksanaan ajaran agama. Teladan itu akan memberi kontribusi besar dalam menghadapi pandemi Covid-19 di negeri kita,” ungkap Fachrul.

Fachrul juga menjelaskan imbauan serupa juga banyak disampaikan tokoh agama. Dia menilai, mematuhi anjuran tokoh agama dan pemerintah untuk tetap di rumah serta menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi adalah bentuk kesalehan sosial sebagai umat beragama sekaligus tanggung jawab sebagai warga negara.

“Sebagai umat beragama, kita perlu mengutamakan menjaga keselamatan jiwa atau hifdzu an-nafs. Menjaga keselamatan jiwa merupakan salah satu substansi dan kewajiban utama dalam beragama,” tegas Fachrul. [bal]

Next Post

Berupaya Cegah Bentrokan Warga, Kasat Intelkam Polres Jayawijaya Malah Dikeroyok

Kasat Intelkam Polres Jayawijaya, Papua, AKP Victorianus Renyaan menjadi korban penyerangan oleh beberapa warga dari Kampung Meagama Distrik Hubikosi. Victorianus awalnya berupaya mencegah bentrokan warga. Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Rabu (9/9) sekitar pukul 13.30 WIT, di pertigaan jalan Trans Kimbim-Muai. […]