Kasus Covid-19 Meningkat, Anies Diminta Pantau Langsung Protokol Kesehatan di DKI

Irene

Kasus Covid-19 Meningkat, Anies Diminta Pantau Langsung Protokol Kesehatan di DKI

Anggota DPRD DKI fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak menilai pengawasan protokol kesehatan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI tidak cukup menerapkan disiplin terhadap warga. Untuk itu ia meminta Gubernur DKI Anies Baswedan agar turun langsung ke lapangan dan mengawasi langsung protokol kesehatan di tengah laporan kasus harian Covid-19 di DKI yang tak kunjung menunjukan penurunan.

“Yang mendesak untuk mengatasi kenaikan penderita (kasus covid-19) saat ini adalah mengawasi di lapangan, dengan menurunkan ASN. Kebijakan ini terasa sangat tepat, tetapi menjadi sulit dilaksanakan oleh ASN DKI karena Gubernur sendiri tidak memberi contoh turun mengawasi ke lapangan,” ujar Gilbert, Selasa (3/8).

Kebijakan Pemprov mengenai sistem ganjil genap, pun tak luput dikritisi Gilbert. Menurutnya, jika kebijakan itu bertujuan untuk membatasi mobilitas warga yang bekerja ke kantor dan meminimalisir penularan Covid-19, langkah ini tidak tepat sama sekali.

Mantan Wakil Ketua Regional South East Asia Regional Office International Agency for Prevention of Blindness WHO itu menjelaskan bahwa penularan virus Corona tidak serta merta terjadi di perkantoran, yang saat ini disebut menjadi klaster baru.

Perkantoran menjadi klaster menurutnya karena tidak adanya peraturan ketat oleh Pemprov terhadap perkantoran.

“Kalau untuk mengurangi karyawan yang masuk, maka karyawan tetap akan masuk. Masalah peraturan kantor dan risiko tertular, karena transportasi umum lebih berisiko daripada kendaraan pribadi,” jelasnya.

“Kebijakan ga-ge di tengah ekonomi yang merosot juga terasa tidak tepat. Saat rakyat berusaha untuk mencari nafkah atau menjaga keberlangsungan usaha, terasa tidak bijaksana membatasi pergerakan mereka atau meningkatkan risiko rakyat terpapar Covid-19 di kendaraan umum.” [ded]

Next Post

Jokowi Minta Pemda Belanja Masker Besar-besaran

Jakarta, Indonesia — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut Presiden Joko Widodo telah meminta secara langsung agar Kementerian, BUMN, dan Pemerintah Daerah melakukan belanja masker besar-besaran untuk antisipasi wabah Covid-19. Belanja masker dalam skala besar juga sebagai upaya mendukung kampanye dan sosialisasi pakai masker yang diinstruksikan presiden dalam rapat […]