Jokowi Ingin Kawasan Industri Batang Buka Peluang Kesempatan Kerja

Irene

Jokowi Ingin Kawasan Industri Batang Buka Peluang Kesempatan Kerja

Presiden Joko Widodo menyampaikan pentingnya ekonomi nasional yang kondusif bagi perluasan kesempatan kerja yang berkualitas. Menurutnya, hal ini dapat dilakukan salah satunya melalui peringkasan birokrasi.

Di sisi lain, Jokowi juga menyebutkan keberlangsungan kawasan industri yang memberi peluang besar bagi penyerapan tenaga kerja. Di antaranya termasuk Kawasan Industri Batang serta Subang-Majalengka yang sedang dikembangkan dalam waktu singkat.

“Kawasan ini dirancang untuk mampu mengundang investasi berkualitas, yang bersinergi dengan UMKM kita, yang memberikan nilai tambah signifikan untuk perekonomian nasional, serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar,” ujar Jokowi dalam pidato Sidang Tahunan MPR RI, Senayan, Jumat (14/8).

Jokowi menambahkan, kawasan industri serupa juga akan dibangun di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kawasan tersebut diupayakan agar selalu bersinergi dengan kewirausahaan masyarakat dan UMKM. Di antaranya untuk menyediakan kesempatan kerja bagi generasi muda yang belum bekerja, serta meningkatkan pemerataan pembangunan di seluruh pelosok negeri.

Untuk itu, dia meminta agar regulasi investasi yang masih tumpang tindih bisa dilakukan penataan. Menurutnya, hal ini berdampak pada penyerapan tenaga kerja. Sebab, investasi yang tak kunjung rampung menyebabkan penyerapan tenaga kerja juga terhambat.

“Oleh karena itu, ekosistem nasional yang kondusif bagi perluasan kesempatan kerja yang berkualitas harus kita bangun. Penataan regulasi harus kita lakukan. Regulasi yang tumpang tindih, yang merumitkan, yang menjebak semua pihak dalam risiko harus kita sudahi,” kata Jokowi.

Dia menekankan, bahwa seluruh upaya tersebut didedikasikan untuk perekonomian nasional yang adil. “Kita ingin semua harus bekerja. Kita ingin semua sejahtera,” tegasnya.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6.com [azz]

Next Post

Pasien Positif Covid-19 di Secapa AD Bandung Tinggal 4 Orang

Jumlah pasien Covid-19 klaster Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), di Bandung, Jawa Barat, kembali mengalami penurunan. Hari ini lima pasien dinyatakan sembuh sehingga total pasien Covid-19 klaster Secapa AD Bandung tinggal 4 orang. “Jadi dari total 1.308 pasien positif Covid-19 di Secapa AD, pada hari ini sudah berkurang […]