ITS Berhasil Kembangkan Mobil Otonom Tanpa Pengemudi

Irene

ITS Berhasil Kembangkan Mobil Otonom Tanpa Pengemudi

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya berhasil mengembangkan mobil yang bisa dikendarai tanpa pengemudi. Mobil ini dijuluki iCar ITS (Intelligent Car ITS).

Soft launching iCar ITS dilakukan tepat pada HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 kemarin. Hadir secara virtual dalam acara itu Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro.

Menristek mengapresiasi buah karya para ilmuwan ITS itu. “Berbicara mengenai inovasi, tentunya saya sangat mengapresiasi dan sangat bangga terhadap Bapak rektor dan segenap jajaran Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang tidak henti-hentinya terus menghasilkan penelitian dan inovasi yang tidak hanya canggih namun bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Menteri Bambang dalam rilisnya, Senin (17/8/2020).

Bambang berharap inovasi ITS ini kedepannya bisa lebih disempurnakan. Pihaknya berkomitmen akan terus mendukung upaya dari para ilmuwan untuk berinovasi.

“Dimulai dengan mobil golf dan harapan berikutnya semakin disempurnakan dan memakai teknologi 5G sehingga unsur keamanan dan kenyamanan semakin baik. Kami dari Kemenristek/BRIN akan selalu mendukung semua upaya penelitian, upaya untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Serta inovasi yang nantinya bisa membawa Indonesia menuju negara maju di 100 tahun kemerdekaan kita pada 17 Agustus 2045,” tutup Menteri Bambang.

Mobil otonom ini merupakan purwarupa mobil otonom hasil kolaborasi dari peneliti-peneliti di ITS dari berbagai bidang keahlian. iCar ITS dioperasikan sebagai mobil komuter yang melayani perjalanan dalam kampus ITS.

Civitas akademika ITS dapat memanggil mobil ini dengan menggunakan aplikasi pada smartphone, kemudian iCar ITS akan datang secara otomatis dan mengantarkan penumpangnya ke tempat tujuan.

Mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor untuk memastikan sistem dapat berjalan tanpa pengemudi namun tetap menjamin keselamatan penumpangnya. iCar ITS dilengkapi dengan sistem GPS (Global Positioning System) dengan ketelitian tinggi, sensor LIDAR digabungkan dengan kamera untuk mendeteksi objek di sekitar mobil otonom, serta berbagai sensor lain untuk mendeteksi kecepatan dan orientasi mobil iCar ITS.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Yopi Makdori [ded]

Next Post

Tersangka Pembacokan Polisi di Cianjur Terancam Penjara 10 Tahun

Tersangka LL (26) yang melakukan pembacokan terhadap anggota Polres Cianjur terancam hukuman 10 tahun penjara. Pihak kepolisian pun sudah mengamankan sejumlah barang bukti. Kapolres Cianjur, AKBP Mochammad Rifai mengatakan tersangka dijerat dengan pasal 351 ayat 2 KUHP dan pasal 2 ayat 2 UU Darurat RI nomor 12/1951. “Ancaman hukuman 10 […]