Emil Minta Karyawan di Industri Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan Usai Bekerja

Irene

Emil Minta Karyawan di Industri Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan Usai Bekerja

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat sekaligus Gubernur Jabar, Ridwan Kamil meminta karyawan yang bekerja di kawasan industri tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seusai kerja. Hal ini meminimalisir potensi klaster Covid-19 di kawasan industri.

Hal itu disampaikan usai meninjau kawasan industri di Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jumat (4/9/2020). Menurut dia, edukasi penerapan protokol kesehatan kepada karyawan menjadi hal penting guna memutus penyebaran virus corona penyebab penyakit Covid-19 melalui transmisi lokal.

“Pastikan semua karyawan pabrik ketika mereka pulang kerja tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar dia di Bandung, Jumat (4/9).

Selain itu, pengetesan secara masif melalui uji usap (swab test) metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di kawasan industri perlu ditingkatkan untuk memetakan penyebaran kasus Covid-19 di kawsan industri.

“Semua karyawan di pabrik-pabrik industri wajib mengisi buku harian setiap pagi, menjelaskan selama tidak berada di lingkungan pekerjaan mereka bepergian ke mana saja” tambah Kang Emil.

Ia pun menjelaskan, nantinya jawaban dari para karyawan tersebut menjadi bahan analisis gugus tugas di pabrik masing-masing untuk membuat pola kegiatan yang berisiko tinggi. Dari situ, pabrik bisa memetakan pengetesan dan langsung melakukan isolasi mandiri ketika didapat ada karyawan yang reaktif.

Ia juga meminta agar sarana prasarana penunjang di pabrik harus didukung dengan ventilasi ruangan yang memadai agar virus tidak tertahan dalam satu ruangan. “Di tempat kerja memang teorinya kalau ada jendela harus dibuka, supaya virus tidak berputar-putar di satu tempat,” ucapnya.

Berikutnya, jika ada penularan transmisi lokal, maka pihak pabrik harus menerapkan work from home terhadap karyawan di kawasan terpapar tersebut dan tidak menutup semua aktivitas kerja pabrik.

“Hal itu agar produktivitas karyawan yang lain tetap terjaga dalam suasana bekerja,” kata dia.

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar pun dalam dua minggu ini akan fokus terhadap penanganan pencegahan penyebaran transmisi virus Covid-19 di kawasan industri di Bekasi dan Karawang.

Sementara itu, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan, pencegahan penularan di kawasan industri salah satunya didukung dengan adanya satuan tugas (satgas).

“Kita juga sudah membentuk satgas di masing-masing lingkungan, dengan membuat Mahajaka (Masyarakat Jaga Kampung) mengaktifkan peran masyarakat baik di perkampungan dan di industri pabrik,” kata Eka. [bal]

Next Post

Sebelum Daftar ke KPU Helmi-Muslihan Gelar Doa Bersama di Masjid Umar Bin Khattab

Helmi Hasan-Muslihan DS menjadi bakal calon Gubernur Bengkulu 2020-2025 yang pertama mendaftarkan diri Ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu. Pasangan ini mendaftarkan diri setelah sempat melakukan doa bersama. Sekretaris DPW PAN Provinsi Bengkulu,Dempo Xler mengatakan pada saat pendaftaran Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur akan berlangsung dengan sederhana Meski […]