Dokter di Bali Sebut Belum Ada Kasus Covid-19 Menular Lewat ASI

Irene

Dokter di Bali Sebut Belum Ada Kasus Covid-19 Menular Lewat ASI

Pemberian air susu ibu (ASI) sangat penting bagi bayi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Namun tidak sedikit para ibu menyusui khawatir akan pemberian ASI pada sang bayi, karena takut akan tertular virus Corona. I Gusti Ngurah Twi Adnyana, Dokter di Rumah Sakit Siloam Bali mengatakan hingga kini belum ditemukan adanya penularan Covid-19 dari ASI.

“Ya sampai saat ini virus ini belum ditemukan di dalam ASI, sehingga untuk sementara dapat disimpulkan bahwa virus ini tidak dapat ditularkan dengan memberikan ASIP (ASI perah) dari seorang ibu positif Covid-19 atau diduga terinfeksi sekalipun,” kata I Gusti Ngurah Twi Adnyana dalam webinar tentang 'Apa yang perlu diperhatikan saat pemberian ASI di masa pandemi Covid-19', Jumat (28/8).

Menurutnya, dari data ilmiah disebutkan bahwa penularan selama hamil sangat jarang terjadi dan belum ada bukti ilmiah virus Covid-19 terdeteksi di ASI.

“ASI merupakan asupan yang protektif karena mengandung antibodi dan sebagai nutrisi terbaik dengan harga murah. Kandungan zat imunitas pada ASI berfungsi sebagai Colostrum dan kaya akan protein”, lanjutnya.

Namun dalam hal ini ada beberapa panduan menyusui di masa pandemi. Jika ibu mengalami sakit dengan gejala ringan disarankan untuk melalui ASIP. Tetapi jika sakit dengan gejala yang berat disarankan untuk rawat inap dengan tetap memberikan ASIP. Berbeda dengan kondisi Ibu sehat atau bebas dari Covid-19, maka ibu menyusui bisa memberikan ASI dengan 3W, yaitu wear mask (menggunakan masker), wash hand (mencuci tangan), dan wipe surface (mengelap permukaan).

“Adapun panduan yang dilakukan dalam pemberian ASIP dengan beberapa proses yaitu sterilisasi alat dan penyimpanan yang benar,” ujar I Gusti Ngurah Twi Adnyana. [cob]

Next Post

China Success Finance Announces 2020 Interim Results

HONG KONG, Aug 29, 2020 – (ACN Newswire) – China Success Financial Group Holdings Limited (“China Success Finance” or the “Company”, together with its subsidiaries the “Group”, stock code: 03623) is pleased to announce its unaudited interim results for the six months ended 30 June 2020. During the reporting period, […]