Denda Pelanggar Tak Pakai Masker Selama PSBB Transisi Jakarta Mencapai Rp 1,9 Miliar

Irene

Denda Pelanggar Tak Pakai Masker Selama PSBB Transisi Jakarta Mencapai Rp 1,9 Miliar

Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mencatat 126.000 orang dikenakan sanksi karena tak memakai masker selama penerapan PSBB transisi di ibu kota. Total denda terkumpul dari 13.390 pelanggar masker ini mencapai Rp 1,9 miliar.

“Total denda yang terkumpul dari pelanggaran masker adalah Rp 1,9 miliar. Sebanyak 13.390 orang yang didenda,” kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin saat dikonfirmasi, Selasa (1/9).

Selain pelanggaran masker, sejumlah tempat usaha dan fasilitas umum juga melanggar aturan. Untuk fasilitas umum denda pelanggaran sudah mencapai Rp 728 juta dan untuk tempat usaha sebesar Rp 274 juta.

Arifin menyatakan dari sejumlah sidak yang dilakukan pelanggaran yang paling banyak dilakukan di sejumlah tempat usaha yakni terkait pembatasan jumlah pengunjung.

“Untuk pengecekan suhu, penggunaan masker pada pegawai, hand sanitizer, wastafel itu sudah. Tapi ternyata jumlah meja dan kursi ini dikurangi tapi tidak sampai 50 persen, jadi physical distancingnya ini dilanggar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan adanya penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 1.029 kasus pada Senin (31/8/2020).

Dengan penambahan tersebut saat ini jumlah akumulatif pasien positif di Jakarta mencapai 40.309 orang dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 30.538 orang.

“Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta sampai saat ini sebanyak 8.569 orang yang masih dirawat atau isolasi,” kata Dwi dalam keterangan pers.

Sementara itu, 1.202 orang dinyatakan meninggal dunia dengan tingkat kematian 3 persen.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [gil]

Next Post

Moskow Menghangat, Warga Rusia Asyik Berjemur dan Bermain Air

Moskow Menghangat, Warga Rusia Asyik Berjemur dan Bermain Air. Memasuki bulan September suhu udara di Moskow masih hangat mendekati 31 derajat celcius. Seorang pria berjemur saat suhu udara menghangat di Taman Muzeon di Moskow, Rusia (31/8/2020). ©2020 AFP/DIMITAR DILKOFF