CEK FAKTA: Tidak Benar Radiasi Sinar Handphone Menyebabkan Pengecilan Otak pada Anak

Irene

CEK FAKTA: Tidak Benar Radiasi Sinar Handphone Menyebabkan Pengecilan Otak pada Anak

Beredar di media sosial terkait radiasi sinar handphone yang diklaim menyebabkan pengecilan otak pada anak-anak.

Klaim tersebut disertai foto seorang anak kecil yang tengah terbaring di ranjang rumah sakit dengan narasi sebagai berikut:

Bgi yg punya anak putra putrinya harus di awasin yg suka maen hp..ini anak temen saya…hbis di oprasi pengecilan otak gara kna rdiasi sinar hp mhon di bagikan ya, sampe skrg anakya blm sadar…aamiinkan sejenak semoga anak ini cepat sadar Aamiin…

Bagikan agar ibu bapak awasin anak2!!

©2020 Liputan6.com

Penelusuran

Cek Fakta menelusuri klaim radiasi sinar handphone bisa menyebabkan pengecilan otak pada anak-anak.

Dilansir dari Liputan6.com, Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Saraf Anak, Prof. Dr. Hardiono Pusponegoro, Sp.A(K) menyebut bahwa radiasi handphone dapat mengakibatkan pengecilan otak pada anak-anak adalah tidak benar.

“Radiasi HP mengakibatkan pengecilan otak itu tidak benar. Jadi diagnosa ini salah,” kata Hardiono kepada Liputan6.com, Selasa (4/8/2020).

Menurut Hardiono, hingga kini tidak ada laporan dan kasus mengenai otak anak menjadi kecil karena radiasi dari handphone.

“Risetnya enggak ada, laporan kasusnya juga enggak ada,” ucap Hardiono.

Hardiono menambahkan, pengecilan otak pada anak bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya saja seorang bayi mengalami kelainan saat lahir. Faktor lainnya adalah terinfeksi virus dan penyakit.

“Kalau sudah lahir, lahirnya normal lalu misalnya (otaknya) mengecil, itu karena infeksi otak. Meningitis atau (virus) zika, sehingga otaknya tidak berkembang lagi,” terang Hardiono.

Kesimpulan

Klaim radiasi sinar handphone bisa menyebabkan pengecilan otak pada anak-anak tidak benar. Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Saraf Anak, Prof. Dr. Hardiono Pusponegoro, Sp.A(K) mengatakan hingga kini tidak ada laporan dan kasus mengenai otak anak menjadi kecil karena radiasi dari handphone.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Next Post

Jokowi Harap Pilkada 2020 Tak Jadi Klaster Corona Baru

Jakarta, Indonesia — Presiden Joko Widodo berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tak menjadi klaster baru virus corona (Covid-19). Pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 diketahui akan digelar pada 9 Desember mendatang. “Penerapan protokol kesehatan harus betul-betul menjadi sebuah kebiasaan baru dalam setiap tahapan pilkada, sehingga nantinya tidak menimbulkan klaster baru atau gelombang […]