CEK FAKTA: Hoaks Video Perumahan Tanpa Penghuni

Irene

CEK FAKTA: Hoaks Video Perumahan Tanpa Penghuni

Beredar video yang menyebutkan sebuah perumahan tanpa penghuni. Dalam video tersebut, terlihat sejumlah rumah yang tampak kosong dan dipenuhi rumput-rumput liar. Video itu bernarasi “gue yakin lo semua bisa liat jelas ada siapa di rumah orange yang terakhir please jelas banget gue sampe cuma bisa ketawa.

Penelusuran

Penjelasan terkait video tersebut dijelaskan dalam artikel Kalsel Pos berjudul “Bripka Pramono Bantah Komplek di Wilayahnya Angker dan Tak Berpenghuni” pada 30 Agustus 2020. Dalam artikel Kalsel Pos dijelaskan bahwa perumahan tersebut masih dihuni sejumlah keluarga.

“Bhabinkamtibmas Polsek Banjarbaru Barat, Bripka Setiya Pramono membantah unggahan akun tersebut. Menurutnya, komplek tersebut selalu dilakukan Patroli Rutin dengan para warga yang bertempat tinggal disana.

Pria dengn sapaan Bripka Pramono itu mengatakan, Komplek Bumi Landasan Ulin yang viral di Tiktok tersebut masih terdpat warga yang menghuninya.

“Disini ada sekitar 15 sampai 20 Kepala Keluarga, aktivitas warga pun juga masih ada. Jadi video yang menyatakan tidak berpenghuni itu tidak benar,” ucap Bripka Setiya Pramono, Sabtu (29/8/2020) kemarin.”

Kemudian dalam akun Instagram resmi @polres_banjarbaru, juga dijelaskan terkait video perumahan tanpa penghuni tersebut.

Simak penjelasan ini sampai akhir ya sobat..

.

VIRAL !! Sebuah video yang menimbulkan kecemasan dan keresahan masyarakat di Komplek / Perumahan Bumi Landasan Ulin Kota Banjarbaru karena pertanyaan berupa tulisan yang dimuat dalam video tersebut dijawab hanya berdasarkan asumsi diri sendiri yang berlebihan dan menyebutkan diantaranya :

– Karena tersasar mau nanya orang tidak ada satupun, banyak rumah yang tidak berpenghuni dan tidak terurus.

– Benar – benar seperti komplek tidak berpenghuni.

– Seram sekali apalagi jika datang malam, ayah saja bilang seperti itu saat melintas.

– Kenapa ya apa karena rawan rampok atau banyak hantunya ? haha..

.

FAKTANYA :

– Benar ada beberapa rumah yang tidak berpenghuni namun yang dimasukkan oleh si pembuat video hanya rumah – rumah yang tidak berpenghuni ke dalam video tersebut padahal banyak rumah yang berpenghuni di sekitar komplek tersebut.

– Tidak benar komplek tersebut seperti tidak berpenghuni.

– Ketakutan tersebut berasal dari dirinya sendiri dengan dasar asumsi.

-Komplek tersebut tidak rawan rampok atau banyak hantu dan si pembuat pun menunjukkan ekspresi tertawa “haha” (tentu sobat humas sendiri sudah bisa menilainya).

.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Guntung Manggis Bripka Setya Pramono melaksanakan :

-Patroli dan sambang ke warga sekaligus memonitor Perum Bumi Landasan Ulin pasca viralnya isi video tersebut atas penyampaian warga yang tinggal di perum tersebut bahwa selama ini lingkungannya aman dan mereka merasa nyaman tinggal di tempat tersebut dan Bripka Setya Pramono meminta masyarakat untuk tetap tenang.”

Penyebar video perumahan tanpa penghuni juga sudah meminta maaf kepada masyarakat setemmpat dan sudah menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan. Video permintaan maaf itu diunggah melalui akun Instagram @polres_banjarnegara.

Saya atas nama Nabila .. meminta maaf atas postingan saya yang sempat viral dan merugikan beberapa pihak. Dan hal ini telah kami komunikasikan dengan masyarakat di komplek Bumi Landasan Ulin. Saya berjanji untuk lebih bijak dalam bermedia sosial,” kata Nabila, penyebar video perumahan tanpa penghuni.

Kesimpulan

Video yang menyebutkan perumahan tanpa penghuni adalah hoaks. Faktanya, dalam perumahan tersebut masih dihuni sekitar 15 sampai 20 Kepala Keluarga dan masih ada aktivitas warga.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Next Post

Resep Ikan Salem Siram Saus Praktis

Yuk, buat masakan berbahan dasar ikan untuk menu keluarga minggu ini. Tak perlu yang ribet-ribet, ikan siram saus dengan bumbu iris saja sudah enak. Berikut ini punya resep ikan salem siram saus yang praktis. Bahan: 2 ekor ikan salem segar/pindang salem 2 buah tomat 5 buah cabai rawit 5 buah […]