CEK FAKTA: Hoaks Shopee Bagi-bagi Hadiah Rp175 Juta Via SMS

Irene

CEK FAKTA: Hoaks Shopee Bagi-bagi Hadiah Rp175 Juta Via SMS

Beredar pesan singkat mengatasnamakan Shopee terkait pembagian hadiah senilai Rp175 juta. Pesan juga memuat tautan ke situs web tertentu yang berisi syarat pengambilan hadiah.

Berikut isi pesannya:

PESAN RESMI
No.Anda
M-dapatkan hadiah ke-2
Rp.175jt Dri PT.SHOPEE
PIN:25F4777
INFO KLIK bit.ly/ptshopeeid745

Dalam tautan yang tertera dalam pesan tersebut, berisikan bagi pemenang uang tunai RP175 juta, hadiah akan di transfer ke rekening Pemenang atau diantar kealamat Pemenang.

Setelah Pihak pemenang sudah menyelesaikan biaya Administrasi sebagai bahan pelaporan pertanggung jawaban pemenang sebesar Rp.950.000.

Penelusuran

Tim Cek Fakta menelusuri pesan Shopee bagi-bagi hadiah senilai Rp175 juta. Dilansir dari Kompas.com berjudul “[HOAKS] Pesan Singkat Hadiah Rp 175 Juta dari Shopee” pihak Shopee membantah terkait pesan tersebut.

Public Relations Lead Shopee Indonesia, Aditya Maulana, menegaskan informasi pembagian hadiah mengatasnamakan Shopee yang beredar lewat SMS dan akun Facebook di atas tidak benar.

“Info resmi dari Shopee selalu diumumkan melalui aplikasi Shopee,” katanya kepada tim Cek Fakta Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Cek Fakta Kompas.com

Selain lewat aplikasi, pengumuman resmi dari situs e-commerce Shopee juga diinformasikan lewat akun Instagram shopee_id dan akun Twitter @ShopeeID dan akun Facebook Shopee.

Kesimpulan

Pesan yang berisi Shopee bagi-bagi hadiah senilai Rp175 juta tidak benar. Info resmi dari Shopee selalu diumumkan melalui aplikasi Shopee atau melalui media sosial resmi Shopee, lewat akun Instagram shopee_id dan akun Twitter @ShopeeID dan akun Facebook Shopee.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Next Post

Haornas, Ganjar Anugerahkan Penghargaan ke Atlet Panjat Tebing Dunia Asal Grobogan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan penghargaan Haornas Award kepada atlet berprestasi di provinsi ini. Seperti atlet panjat tebing dunia asal Kabupaten Grobogan, Aries Susanto Rahayu, hingga atlet tenis penyandang cacat, Suwarti. Mereka merupakan atlet Jawa Tengah yang telah menorehkan prestasi hingga mengharumkan Jawa Tengah sampai ke tingkat internasional. Tidak […]