Anggaran Berkurang, Pemprov DKI Hanya Revitalisasi Trotoar Sepanjang 10 Km

Irene

Anggaran Berkurang, Pemprov DKI Hanya Revitalisasi Trotoar Sepanjang 10 Km

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan untuk revitalisasi trotoar hanya akan dilakukan sepanjang 10 kilometer pada tahun 2020. Kata dia, hal tersebut akibat adanya pengurangan anggaran untuk penanganan virus corona atau Covid-19 di Ibu Kota.

“Revitalisasi ditunda karena Covid-19, kemarin kan (dari anggaran) Rp 1,2 triliun, tetapi yang bisa transaksi saat ini paling Rp 20 miliar,” kata Hari saat dikonfirmasi, Selasa (1/9).

Dia menjelaskan rencananya pihaknya menargetkan revitalisasi trotoar sepanjang 100 kilometer. Sedangkan dengan anggaran tersebut akan dilakukan revitalisasi di sejumlah titik, misalnya di kawasan stasiun.

“Kecil-kecil (trotoar yang direvitalisasi), itu di Tanah Abang, TOD Juanda, Jalan Jati Baru, itu kecil-kecil saja,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai pelebaran trotoar merupakan solusi dalam mengatasi kemacetan. Walaupun kebijakan tersebut menuai kritikan karena mengurangi lebar badan jalan.

“Nanti lihat saja kalau sudah jadi. Yang penting konsistensi lajur karena salah satu sebab mengapa terjadi kemacetan adalah lajurnya tidak konsisten,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta.

Dia menjelaskan, jalanan di Jakarta dari dua lajur berubah jadi tiga. Kemudian berubah menjadi dua lagi.

“Ini akhirnya justru menyebabkan kemacetan. Sekarang sedang dibuatkan konsisten, itu yang sedang dilakukan,” ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan, tidak semua pelebaran trotoar menggunakan lajur jalan karena tiap-tiap wilayah dilakukan tindakan berbeda-beda saat pelebaran jalan.

“Semua yang bicara mengenai trotoar, mengenai jalan, harus spesifik dimana, waktunya kapan. Karena kami kebijakannya kan nggak sama semua,” tutupnya.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com [eko]

Next Post

IHSG Dibuka Menguat, Simak 7 Saham Laik Beli Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,96 poin atau 0,02 persen ke posisi 5.239,45. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 1,19 poin atau 0,14 persen menjadi 825,37. Direktur PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya memprediksi hari ini IHSG berada pada rentang 5.102 hingga 5.378. […]