Adaptasi New Normal, MPR akan Gelar Konvensi Tentang Etika Kehidupan Berbangsa

Irene

Adaptasi New Normal, MPR akan Gelar Konvensi Tentang Etika Kehidupan Berbangsa

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar Konvensi Tentang Etika Kehidupan Berbangsa sebagai respons atas tatanan kehidupan baru atau new normal. Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan konvensi ini merupakan upaya untuk menggairahkan etika kehidupan berbangsa di tengah pandemi Covid-19.

“Dalam kerangka ini, maka dalam waktu dekat MPR akan menyelenggarakan Konvensi Tentang Etika Kehidupan Berbangsa bersama sama dengan Komisi Yudisial dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), untuk menggairahkan kembali pentingnya Ketetapan MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa bagi pembangunan jati diri bangsa Indonesia,” kata Bamsoet dalam sidang tahunan MPR, DPR, DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (14/8).

Menurut dia, pandemi Covid-19 telah membentuk kondisi yang berbeda dalam berbagai sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Bamsoet meminta semua elemen bangsa harus mampu menyesuaikan kenormalan baru itu agar tidak kehilangan jati diri bangsa.

“Kita sebagai bangsa dituntut mampu menyesuaikan dengan tatanan baru itu, agar kita tetap eksis dan dapat beradaptasi dengan kondisi normal baru tersebut, tanpa kehilangan jati diri bangsa kita,” ujar Bamsoet.

Oleh karena itu, Bamsoet menyebut MPR berkewajiban menggelorakan kembali Pancasila sebagai landasan etika dan moral bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi kenormalan baru.

“Sejalan dengan itu, maka Ketetapan MPR Nomor VI/MPR/2001 Tentang Etika Kehidupan Berbangsa harus terus disosialisasikan agar dapat menjadi landasan moral dan etik dalam membangun etika politik, etika sosial dan budaya, etika ekonomi dan bisnis, etika pemerintahan, etika lingkungan dan etika keilmuan,” tandas Bamsoet. [ray]

Next Post

ConnecTechAsia to Showcase Best-In-Class Virtual Experience

SINGAPORE, Aug 14, 2020 – (ACN Newswire) – Informa Markets announced new details for ConnecTechAsia2020 (www.connectechasia.com/broadcast-asia/), the first virtual Infocomm, Media and Technology event held in partnership with Singapore’s Infocomm Media Development Authority (IMDA), from 29 September to 1 October 2020. The event will feature some 200 exhibitors, several of […]