70 Tahun Bilateral RI-China, Jokowi Harap Hubungan Saling Untungkan

Irene

70 Tahun Bilateral RI-China, Jokowi Harap Hubungan Saling Untungkan

Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-China kepada Presiden Xi Jinping. Ucapan tersebut disampaikan melalui melalui sambungan telepon pada Senin (31/8) malam di Istana Kepresidenan Bogor.

“Terima kasih atas surat Presiden Xi, mengenai ucapan selamat peringatan 70 tahun hubungan bilateral kita, saya harapkan hubungan dan kerja sama antara dua negara akan lebih kuat dan saling menguntungkan,” kata Jokowi saat menyampaikan ucapan pada Presiden Xi Jinping.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga mengapresiasi pemerintah China atas hasil kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir ke China beberapa waktu lalu untuk membahas beberapa kerja sama di bidang kesehatan dan ekonomi yang saling menguntungkan.

“Saya apresiasi dukungan pemerintah Tiongkok dalam upaya penguatan kerja sama kesehatan yang strategis, termasuk co-production dan penyediaan vaksin Covid-19,” kata Presiden Jokowi.

Tidak hanya di bidang kesehatan, Jokowi juga menegaskan bahwa kerja sama ekonomi tidak boleh terhenti sama sekali meskipun dalam kondisi pandemi. Salah satunya ialah terkait pengaturan travel corridor antar kedua negara. Sementara itu Presiden Xi juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama antara Indonesia-China semakin menguat.

“Saya menyambut baik pengaturan travel corridor yang telah disepakati dua negara tanggal 21 Agustus 2020 lalu untuk memudahkan perjalanan bisnis esensial dan kunjungan kedinasan yang mendesak, tentunya dengan terus mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” ungkap Jokowi. [eko]

Next Post

Nilai Kerugian Kebakaran Kejaksaan Agung Capai Rp 1,1 Triliun

Kebakaran yang terjadi di Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta Selatan, hingga kini masih dalam pendalaman penyidik. Soal kerugian, untuk sementara nilainya ditaksir mencapai Rp 1,1 triliun. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono menyampaikan, sebenarnya pihaknya belum dapat menghitung jumlah pasti kerugian tersebut. “Perkiraan kerugian belum dihitung secara […]