2 Buruh di Gianyar Tewas Tertimpa Longsor Tanah Galian

Irene

2 Buruh di Gianyar Tewas Tertimpa Longsor Tanah Galian

Dua buruh bangunan bernama Dominggus Gheru Kaka (21) dan Rafael Mone (25) asal Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), tewas karena tertimbun tanah saat mereka bekerja.

Kapolsek Ubud, AKP I Gede Sudyatmaja mengatakan, peristiwa itu terjadi saat proyek PT. Surya Perdana Abadi di Banjar Kutuh, Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat (11/9).

“Iya telah terjadi peristiwa dua orang pekerja tertimbun tanah. Satu meninggal di tempat, satu orang (meninggal) di rumah sakit,” kata Sudyatmaja, Sabtu (12/9).

Kronologi kejadian berawal ketika enam pekerja proyek itu atas nama Goris Gheru Biri, Dairus Ra Kabubu, Rafael Mone, Dominggus Gheru Kaka, Aris dan Miten sedang menggali tanah. Nantinya tanah itu akan dilakukan pengecoran beton untuk tembok atau dinding pelataran sedalam kurang lebih 10 meter.

Kemudian, saat itu yang bertugas untuk menggali tanah adalah dua korban dengan menggunakan cangkul dan sekop. Lalu, mereka berdua menaruh tanah galian tersebut pada empat buah jerigen. Sedangkan, empat pekerja lainnya bertugas menarik tanah yang ditaruh pada jrigen dengan menggunakan tali yang diikatkan pada jrigen itu.

Kemudian, sekitar pukul 09.30 Wita setelah kegiatan itu dilakukan sekitar 20 kali, tanah yang ada di atas tempat dua korban yang menggali tanah itu longsor dan langsung menimpa dua korban Rafael Mone dan Dominggus Gheru Kaka.

“Melihat hal tersebut pekerja lainnya, berteriak meminta tolong kepada teman-temannya buruh yang lainnya. Setelah itu, datanglah buruh lainnya menolong (dua korban) yang tertimbun tanah dengan menggunakan cangkul dan skop,” ujar dia.

Selanjutnya sekitar pukul 11.00 Wita, korban Dominggus Gheru Kaka berhasil dievakuasi dengan kondisi masih bernapas. Selanjutnya, dibawa oleh petugas patroli Polsek Ubud ke Rumah Sakit Ari Santi Mas Ubud guna mendapatkan pertolongan medis.

Kemudian, sekira pukul 13.45 Wita korban bernama Rafael Mone berhasil dievakuasi oleh tim gabungan dan dibawa oleh petugas PMI Kabupaten Gianyar ke Rumah Sakit Ari Santi Mas Ubud untuk mendapatkan pertolongan.

“Bahwa pekerja atas nama Dominggus Gheru Kaka telah dinyatakan meninggal dunia pada pukul 11.45 Wita. Kemudian, (pekerja) atas nama Rafael Mone dinyatakan meninggal dunia pada pukul 14.00 Wita, oleh dokter jaga di Rumah Sakit Ari Santi Mas Ubud,” tandasnya. [gil]

Next Post

Kemenag Sebut Angka Perceraian Mencapai 306.688 Per Agustus 2020

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan angka perceraian di Indonesia khususnya yang beragama Islam, pada tahun 2019 mencapai 480.618 kasus. Angka tersebut mengalami peningkatan setiap tahun sejak tahun 2015. Ini berdasarkan data Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung. Amin merinci pada tahun 2015 terdapat 394.246 kasus, kemudian pada tahun 2016 bertambah […]