Gambar Paten ‘Facelift’ Toyota Yaris Bocor di Internet

Farah

Gambar Paten 'Facelift' Toyota Yaris Bocor di Internet

Jakarta, Indonesia — Gambar paten facelift Toyota Yaris merayap online sejak beberapa hari lalu dan menunjukkan pengembangan desain lain untuk berbagai negara termasuk Indonesia.

Toyota sudah meluncurkan generasi keempat Yaris untuk pasar Eropa pada tahun lalu. Setelah itu merek terbesar di Jepang ini meluncurkan versi performa GR dan Yaris Cross dari versi Eropa itu.

Menurut situs otomotif di Brasil, Parabrisas, gambar paten facelift Yaris hathcback itu bocor dari National Institute of Industrial Properties of America. Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Toyota terkait hal ini.

[Gambas:Instagram]

Dari penampakannya paten itu mirip dengan Yaris yang diproduksi dan dijual di Indonesia. Meski demikian terdapat berbagai perbedaan, di antaranya yang paling kentara dari bentuk lampu depan dan bumper.

Daytime running light sepertinya menyatu dengan lampu depan, posisi itu berubah dari lokasi pada desain saat ini yakni di bumper. Perubahan lain yakni lampu kabut yang berubah menjadi mirip Corolla Altis terbaru.

Lihat juga:

Sempat Ditunda Corona, Toyota Kenalkan SUV Berbasis Yaris

Penampakan paten itu memberikan angin segar soal pengembangan desain Yaris di Indonesia yang belum ganti platform baru sejak generasi ketiga pada 2013. Saat ini Yaris diproduksi di pabrik Toyota yang berada di Karawang, Jawa Barat. 

Yaris mulai dijual di Indonesia sejak generasi kedua pada 2006, lantas generasi ketiganya mulai diproduksi di dalam negeri pada 2013. Pada 2018 Yaris mendapatkan revisi desain facelift yang dijuluki ‘joker’.

Secara total ada tiga desain Yaris global. Eropa dan Jepang mendapatkan desain Yaris dari platform TNGA-B, Amerika Serikat memiliki Yaris yang merupakan rebadge Mazda2, sedangkan Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya mempunyai Yaris yang berbagi platform dengan Vios. (fea)

[Gambas:Video ]

Next Post

VIDEO: Melihat Konser Drive-in di Korea Selatan