Fakta Viralnya Foto dan Video Penumpukan Pengunjung Mal di Jember

Irene

Fakta Viralnya Foto dan Video Penumpukan Pengunjung Mal di Jember

Sejak Senin (18/05) kemarin, viral foto-foto dan video tentang penumpukan pengunjung di sebuah mal yang ada di Jember. Viralnya foto dan video itu juga sampai di-posting di beberapa akun instagram influenzer, seiring dengan maraknya tagar #IndonesiaTerserah.

Viralnya foto dan video itu kemudian ditanggapi dan diklarifikasi oleh jajaran Polres Jember. Menurut Kapolres Jember, AKBP Aris Supriyono, peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (18/5) seiring dengan mulai diperbolehkannya mal untuk beroperasi kembali dengan pengaturan ketat.

“Kemarin itu kita juga kewalahan menghadapi lonjakan pengunjung. Penumpukan itu terjadi di pintu masuk karena ada pengecekan,” jelas Aris saat dikonfirmasi, Selasa (19/5).

Sesuai protokol kesehatan yang berlaku, mal dan pusat perbelanjaan besar diperbolehkan beroperasi dengan beberapa syarat. Yakni pengunjung harus dicek suhunya dengan Thermo Gun; pengunjung wajib mengenakan masker sejak sebelum masuk; serta harus mencuci tangan dengan Hand Sanitizer.

“Penumpukan kemarin terjadi karena pengecekannya di pintu masuk. Karena itu, sudah kita kumpulkan semua pengelola mal dan toko-toko besar untuk mengubah prosedur pemeriksaan, guna menghindari terulangnya penumpukan atau kerumunan massa di satu titik,” jelas mantan Kapolres Brebes ini.

Dalam prosedur yang baru, pemeriksaan suhu, masker dan hand sanitizer dilakukan sejak sebelum pintu masuk. Yakni dipecah di halaman serta area parkir mal atau pusat perbelanjaan. “Kita juga akan siagakan lagi anggota kita di sana. Tidak sekedar berpatroli. Meski juga tetap ada yang berpatroli,” papar Aris.

Selain itu, pengaturan jaga jarak akan terus dipantau di dalam mal. “Harapan kami itu bisa mengurangi penumpukan sejak sebelum masuk mal. Juga akan ada pengurangan jumlah pengunjung jika dirasa mulai padat. Pengelola mal dan toko besar sudah sepakat semua itu,” pungkas mantan Kasubdit Resmob Direskrimum Polda Metro Jaya ini. [cob]

Next Post

Plesetkan Marga Latuconsina, Andre Taulany dan Rina Nose Dilaporkan ke Polisi

Artis Andre Taulany dan Rina Nose dilaporkan ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya terkait dugaan pencemaran nama baik marga Latuconsina. Kedua komedian tersebut dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan polisi LP/2880/V/YAN.2.5/2020/SPKT/PMJ. Tanggal 18 Mei 2020. “Benar, laporannya sudah masuk,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes […]