Dinsos DKI sebut Warga Rentan Alami Stres saat Pandemi Covid-19

Irene

Dinsos DKI sebut Warga Rentan Alami Stres saat Pandemi Covid-19

Dampak pandemi Covid-19 tidak hanya berakibat pada ekonomi, namun kesehatan masyarakat secara psikis atau mental juga bisa terganggu akibat perubahan sosial dan tekanan sosial yang terjadi.

Sikapi hal itu, Pemprov DKI melalui Dinas Sosial (Dinsos) mengingatkan bahwa ada bantuan berupa psikososial untuk warga-warga yang mengalami tekanan kesehatan pada psikis atau mentalnya.

“Sekarang masyarakat itu tidak hanya kebutuhan pangan, pokok, tidak hanya itu. Jadi juga ada yang mulai terpapar psikisnya jadi tingkat stres semakin tinggi ternyata,” sebut Kepala Dinsos DKI Jakarta, Irmansyah pada sesi diskusi melalui webinar, Jumat (26/6).

Terlebih, terang dia, kondisi psikis yang rentan terganggu akan ikut berdampak pada kesehatan masyarakat, termasuk rentannya terpapar Covid-19. Maka, Dinsos menyiapkan pendampingan psikososial kepada warga-warga yang terdampak.

“Ini juga sangat penting, karena bedasarkan informasi dari mereka menyampaikan bahwa warga yang terpapar dan dirawat karena Covid-19 tidaknya hanya berdampak dari sisi virusnya. Tetapi juga banyak akibat stress dan mereka ada yang datang kerumah sakit untuk mendapatkan bantuan psikologis,” tuturnya.

Oleh sebab itu, dia menyebutkan dari hasil bantuan psikososial yang telah disediakan Pemprov DKI dan hampir setiap hari selalu mendapati warga yang membutuhkan pertolongan psikis.

“Dinsos DKI hampir setiap hari itu ada sekitar tiga orang yang mereka mengalami telanan mentalnya yang kami dampingi. Karena Itu yang kami lakukan tidak hanya masalah-masalah berkaitan sandang pangan saja. Tetapi berkaitan juga dengan masalah-masalah mental juga ada dan itu cukup penting,” pungkasnya. [ded]

Next Post

Pelanggar Protokol Kesehatan di Surabaya Disanksi Beri Makan ODGJ

Pelanggar protokol kesehatan di Kota Surabaya, Jawa Timur, bakal diberi sanksi sosial yakni membantu petugas memberi makan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan dalam Peraturan Wali kota Surabaya Nomor 28 Tahun 2020 Tentang […]