Cerita Suga BTS Kembali Jadi Agust D dalam Daechwita

Farah

Cerita Suga BTS Kembali Jadi Agust D dalam Daechwita

Jakarta, Indonesia — Suga BTS kembali dengan moniker Agust D dan merilis mixtape terbaru, D-2, dengan Daechwita sebagai lagu utamanya pada Jumat (22/5).

Daechwita merupakan istilah yang mengacu pada genre musik tradisional Korea di mana instrumen perkusi digunakan untuk mengiringi parade raja atau upacara militer lainnya.

Tajuk tersebut sejalan dengan latar tempat video musik Agust D. Sejak awal hingga akhir, video musik Daechwita menunjukkan kawasan era kerajaan Korea, mulai dari istana hingga permukiman di sekitarnya.

[Gambas:Youtube]

Daechwita juga menonjolkan pansori, genre musikal Korea yang biasanya ditampilkan seorang penabuh drum dan penyanyi. Pansori awalnya hiburan bagi rakyat kelas bawah yang kemudian populer di kalangan atas pada abad ke-19.

Tak hanya itu, suara musik perkusi Kkwaenggwari juga hadir dalam Daechwita. Kkwaenggwari merupakan gong yang biasa digunakan dalam musik tradisional Korea.

Daechwita pada dasarnya merupakan bentuk campuran lintas musik tradisional Korea dengan trap yang menyoroti kemampuan rap Agust D.

Pilihan Redaksi
  • Kisah 28 Tahun IU-Suga BTS dalam Lagu Eight
  • Kolaborasi IU dan Suga BTS dalam ‘Eight’ Hasilkan ‘All-Kill’
  • BTS Ungkap Isi Rembukan Konsep Album Baru

“Saya sudah terpikirkan Daechwita ketika mulai mengerjakan lagu ini. Jadi saya mengambil contoh suara dari Daechwita sesungguhnya,” kata Agust D kepada TIME.

“Awalnya, saya hanya ingin memasukkan musik yang biasa digunakan acara resmi raja. Namun secara natural, unsur-unsur Korea menjadi hal yang penting dalam lagu dan video musik Daechwita.”

Album D-2 menjadi sarana menunjukkan kecintaannya pada hip-hop. Ia mengatakan Agust D merupakan kesempatannya benar-benar mengekspresikan sisi yang tak selalu terlihat dalam Suga BTS.

Melalui album dan lagu terbarunya, Agust D berpesan kepada penggemar bahwa wajar apabila kehidupan kadang berjalan tak seperti yang diharapkan atau direncanakan.

“Itu akan baik-baik saja karena kalian selalu bisa memulai kembali. Tetap tenang, ambil pilihan terbaik dan mulai berjalan maju,” ucapnya.

Album itu memiliki 10 lagu yang beberapa di antaranya hasil kolaborasi bersama musisi, seperti Kim Jong-wan NELL, MAX, NiiHWA, dan RM BTS. Dalam video musik Daechwita, Jin dan Jungkook BTS juga turut hadir menjadi kameo.

[Gambas:Youtube]

(chri/has)

Next Post

Daftar Lokasi dan Syarat Salat Id yang Diizinkan di Bekasi

Jakarta, Indonesia — Pemerintah Kota Bekasi menjelaskan persyaratan pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah. Dalam keterangan tertulis dijelaskan salat id diperbolehkan digelar di 41 kelurahan zona hijau penyebaran virus corona (Covid-19) yang berada di 12 kecamatan di Bekasi. Sedangkan kelurahan yang masuk kategori zona merah diminta melaksanakan salat id di rumah. “Di […]