CEK FAKTA: Disinformasi Foto Penumpang Naik Pesawat di Indonesia

Irene

CEK FAKTA: Disinformasi Foto Penumpang Naik Pesawat di Indonesia

Beredar foto di media sosial terkait penumpang di dalam pesawat yang menggunakan maskes dan pelindung wajah adalah penumpang pesawat Indonesia.

Unggahan foto tersebut bernarasi:

Naik motor ga boleh boncengan
Naik mobil istri gak boleh disamping suami
Naik pesawat? Bebaaassss
INDONESIA terserah lu ajah.
Saatnya nakes #StayAtHome saja

Turnbackhoax

Penelusuran

Cek Fakta menelusuri klaim foto penumpang di dalam pesawat adalam pesawat Indonesia. Hasilnya foto tersebut indentik dengan foto yang diunggah Menteri Penerbangan Sipil India Hardeep Singh Puri pada 10 Mei 2020.

Foto penumpang pesawat itu adalah foto ketika warga India dievakuasi dari Singapura.

Twitter Hardeep Singh Puri

Penelusuran lainnya, dalam artikel Kumparan berjudul “Ini Pemandangan di Pesawat Saat Warga India Dievakuasi dari Singapura” dimuat pada 14 Mei 2020.

Pemerintah India tidak main-main menerapkan keamanan ketat untuk warga mereka yang pulang dari luar negeri. Hal ini bisa dilihat dari penampakan kabin pesawat yang membawa warga India pulang dari Singapura.

Foto tersebut diunggah oleh Menteri Penerbangan Sipil India Hardeep Singh Puri pekan ini. Dalam foto terlihat para penumpang dari Singapura tujuan Mumbai mengenakan masker untuk mencegah corona. Seakan masker tak cukup aman, para penumpang dilengkapi juga dengan tameng wajah.

Beberapa penumpang bahkan menambahnya lagi dengan memakai goggles atau kacamata pengaman. Terlihat seseorang berdiri di lorong kabin, memakai baju hazmat dan penutup rambut, sepertinya petugas.

Bisa dipastikan penerbangan lebih dari 5 jam dari Singapura ke Mumbai itu tidak nyaman. Tapi mau bagaimana lagi, menurut Puri dalam postingannya, ini adalah “new normal” atau kebiasaan baru dalam penerbangan.

“Langkah pencegahan adalah new normal. Perubahan ini akan bertahan terus,” kata Puri.

India mulai pekan lalu telah memulai evakuasi ratusan ribu warganya dari seluruh dunia, dan Singapura adalah gelombang pemulangan pertama.

Berdasarkan standar prosedur operasi atau SOP pemulangan tersebut, Kementerian Kesehatan India mewajibkan seluruh penumpang pakai masker, sarung tangan, dan kalau bisa face shield selama penerbangan.

Diberitakan The Indian Express, di bandara tujuan, mereka akan diterima di terminal khusus. Petugas kesehatan bandara bersiap untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum penumpang melalui gerbang imigrasi.

Penumpang dengan gejala akan diisolasi dan dikirim ke tempat karantina dengan ambulans bandara. Sementara penumpang lainnya harus menjalani karantina di hotel-hotel yang telah ditetapkan selama 14 hari. Namun sebelum ke lokasi karantina, seluruh barang bawaan mereka akan disterilkan dengan disinfektan.

Kesimpulan

Klaim foto penumpang pesawat yang menggunakan masker dan pelindung wajah adalah pesawat Indonesia, keliru. Faktanya foto tersebut merupakan warga India yang dievakuasi dari Singapura.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Next Post

Kapal Tanker Berbendera Inggris Nyaris Dirompak di Teluk Aden

Jakarta, Indonesia — Sebuah kapal tanker Stolt Apal berbendera Inggris milik perusahaan Stolt Tanker nyaris dibajak perompak di Teluk Aden, Yaman, pada Minggu (17/5). Seperti dilansir Associated Press, Senin (18/5), menurut laporan enam perompak dengan menggunakan dua kapal cepat mendekati tanker tersebut pada jarak 75 mil laut di lepas pantai Yaman. Tim […]