Cara dan Waktu Terbaik Melihat Hujan Meteor Bootid Hari Ini

Farah

A meteor streaks across the sky against a field of stars during a meteorite shower early August 13, 2010 near Grazalema, southern Spain.    AFP PHOTO/ JORGE GUERRERO / AFP PHOTO / Jorge Guerrero

Jakarta, Indonesia —

Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) mengabarkan puncak hujan meteor Bootid akan berlangsung pada Sabtu (27/6). Bosscha menyebut fenomena astronomi hujan meteor itu bisa disaksikan sejak senja di langit Indonesia.

“Puncak hujan meteor Bootid 27 Juni, tampak sejak senja di utara-timur laut hingga terbenam pada 01:59 waktu lokal,” kutip Observatorium Bosscha di Instagram.

[Gambas:Instagram]

Observatorium Bosscha mengabarkan meteor Bootid terletak dekat konstelasi Bootes, bintang Nekkar. Dalam informasinya, Observatorium Bosscha menyebut jumlah meteor yang akan dilihat dalam satu jam aktivitas puncak bervariasi.

Lebih lanjut, Observatorium Bosscha menyampaikan puncak hujan meteor Bottid dapat disaksikan dengan mata telanjang. Akan tetapi, hal itu bisa dilakukan jika kondisi langit tidak dipenuhi cahaya.

“(Puncak hujan meteor Bootid) dapat dilihat tanpa alat bantu dalam kondisi langit gelap,” kutip Observatorium Bosscha.

Melansir In The Sky, meteor Bootid Juni akan aktif dari 22 Juni hingga 2 Juli dengan puncak terjadi pada 27 Juni. Selama periode itu, akan ada kemungkinan melihat meteor Bootid setiap kali titik pancaran shower di rasi Bootes berada di atas cakrawala dengan jumlah meteor yang terlihat meningkat semakin tinggi titik radiasi di langit.

Dilihat dari Jakarta, hujan meteor akan aktif setiap hari sejak senja hingga sekitar pukul 02:04 ketika titik bercahaya di bawah ufuk barat. Hujan meteor itu kemungkinan menghasilkan tampilan terbaiknya sekitar pukul 20:00 WIB, ketika titik pancarannya paling tinggi di langit.

Pada saat ini, rotasi bumi membuat Jakarta menghadap ke arah optimal menuju arah meteor yang masuk, memaksimalkan jumlah hujan turun secara vertikal, menghasilkan jalur pendek dekat dengan titik radiasi.

Lihat juga:

Penjelasan Ilmiah Hujan Meteor yang Bombardir Langit RI

Melansir America Meteor Society, radiasi paling baik ditempatkan di langit malam saat langit menjadi gelap. Pengamatan di belahan bumi utara dinilai memiliki keunggulan berbeda dibandingkan yang berada di selatan khatulistiwa karena pancarannya jauh lebih tinggi saat langit malam.

Dengan kecepatan rata-rata 14 km per detik, hujan meteor Bootid akan memiliki kecepatan sangat lambat.

Lihat juga:

Deretan Penampakan UFO di Bumi, Diklaim Terlihat Sejak 1947

(jps/DAL)

[Gambas:Video ]

Next Post

Satu Pedagang Positif Covid-19, Pasar Kemiri di Jakbar Ditutup

Pasar Kemiri Kembangan Jakarta Barat ditutup karena satu dari 97 pedagang dinyatakan positif Covid-19. Hasil tersebut didapatkan usai dilakukan tes usap massal. “Dari hasil swab tersebut kami memutuskan mensterilkan pasar mulai Rabu,” kata Lurah Kembangan Utara, Rudi Hariyanto, Jumat (26/6). Penutupan Pasar Kemiri dilakukan pada 1-3 Juli 2020, sembari dilakukan […]