Trump Sebut Vaksin Corona Akan Tersedia dalam Satu Bulan

Farah

Presiden AS Donald Trump mengatakan vaksin corona akan tersedia dalam waktu satu bulan. Dia mengatakan pandemi akan hilang dengan sendiri dari muka bumi.

Jakarta, Indonesia —

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan vaksin corona akan tersedia dalam waktu satu bulan ke depan. Dia bahkan mengatakan pandemi akan hilang dengan sendiri dari muka bumi.

Trump mengungkapkan hal itu pada sesi tanya jawab di Balai Kota dengan pemilih di Pennsylvania yang disiarkan di ABC News. “Kami sudah sangat dekat dengan vaksin,” ujarnya dilansir dari AFP, Rabu (16/9).

“Dalam beberapa pekan kami akan mendapatkannya, Anda tahu bisa jadi tiga minggu, empat minggu,” tutur Trump.

Di kesempatan yang sama Trump juga ditanya soal mengapa dia meremehkan pandemi corona yang kini telah menewaskan hampir 200 ribu orang di AS.

“Saya tidak meremehkannya. Saya sebenarnya, dalam banyak hal, meningkatkan penangan dalam hal aksi,” kata Trump menjawab.

Sebelumnya terungkap dalam  buku berjudul ‘Rage’ karya jurnalis Bob Woodward bahwa Trump secara sengaja meremehkan pandemi corona di AS.

Lihat juga:

Filipina Prioritaskan Vaksin Corona dari China dan Rusia

Di buku itu Trump berkata sengaja meremehkan pandemi karena tidak ingin membuat rakyat AS khawatir. Menurut dia sebagai langkah melindungi masyarakat dan bentuk kepedulian.

Sementara itu Partai Demokrat yang menjadi lawan Trump dalam pemilihan presiden AS kali ini telah menyatakan keprihatinan karena sang presiden kerap memberi tekanan politik pada regulator kesehatan.

Lihat juga:

China Sebut Tak Semua Warga Dapat Vaksin Corona

Trump disebut meminta ilmuwan untuk menyetujui penggunaan vaksin sebelum waktunya. Demokrat menuding hal itu dilakukan Trump untuk membantu dirinya terpilih kembali menjadi presiden melawan penantang Joe Biden pada 3 November 2020.

Sementara itu, para ahli termasuk pakar penyakit menular pemerintah AS Anthony Fauci mengatakan persetujuan vaksin lebih mungkin dilakukan menjelang akhir tahun.

(ndn/dea)

[Gambas:Video ]

Next Post

Dovizioso Percaya Diri Bisa Juara Dunia Usai Tes Misano

Jakarta, Indonesia — Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso mulai merasa percaya diri bisa menjadi juara dunia setelah hasil tes Misano jelang MotoGP Emilia Romagna 2020. Dalam tes Misano sesi pertama, Selasa kemarin, Dovizioso berada di urutan ke-8 dengan catatan waktunya selisih 0.758 detik dari Maverick Vinales yang mencatat 1 menit 31,532 detik. […]