Senyum Ceria Dua Paus Beluga ‘Pulang Kampung’ ke Islandia

Farah

Setelah

Jakarta, Indonesia —

Dua Paus Beluga bernama Little Grey dan Little White mendadak viral, setelah foto-foto mereka yang sedang tersenyum bahagia beredar di media sosial pada beberapa hari yang lalu.

Little Grey dan Little White tersenyum lebar karena bisa kembali pulang ke kampung halamannya, setelah hampir satu dekade “dipenjara” dalam kandangnya.

Setelah ditangkap pada usia yang sangat muda di lepas pantai Rusia dan menghabiskan bertahun-tahun di akuarium China, dua Paus Beluga tersebut dilepasliarkan di tempat perlindungan seluas 3,2 hektare di Teluk Klettsvik, Islandia.

Pilihan Redaksi
  • Blue Lagoon Ramai Turis, Silakan Coba Mandi Es di Islandia
  • 9 Kelakukan Turis yang Bikin Sebal Penduduk Islandia
  • Islandia Rekam & Siarkan Jeritan Orang yang Stres Corona

“Ini menjadi perjalanan yang cukup panjang bagi mereka,” kata Audrey Padgett, manajer umum Suaka Paus Beluga.

“Memindahkan dua paus di masa pandemi virus corona dan pembatasan perjalanan sangat tidak mudah, tapi keberhasilan ini merupakan bentuk rasa cinta kami kepada mereka.”

Pada tahun 2011, Little Grey dan Little White dipindahkan dari fasilitas penelitian Rusia ke akuarium Changfeng Ocean World di Shanghai.

Tahun berikutnya, akuarium tersebut dibeli oleh Merlin Entertainments, perusahaan yang dikenal menentang penangkaran paus dan lumba-lumba.

Hingga akhirnya muncul gerakan dari kelompok pecinta lingkungan untuk mengembalikan hewan laut yang dikandangkan ke habitat aslinya.

Rumah baru Little Grey dan Little White, yang dikelola oleh badan amal Sea Life Trust, adalah lingkungan yang jauh “lebih besar dan alami” dengan banyak manfaat potensial, kata Padgett.

[Gambas:Instagram]

Lebih dari 300 Paus Beluga saat ini masih “terpenjara” di dalam kandang di seluruh dunia, katanya.

“Beberapa Paus Beluga terpaksa hidup dalam kandang yang sempit dan tidak sesuai,” tambahnya.

Meskipun Padgett tidak terlibat dalam logistik pengangkutan paus dari China, dia menekankan bahwa memindahkan dua paus bukanlah tugas yang mudah.

Mereka masing-masing memiliki berat kurang lebih satu ton dan mengonsumsi sekitar 49,8 kilogram ikan per hari.

Operasi tersebut melibatkan peralatan yang dirancang khusus, dokter hewan serta banyak air dan es untuk menjaga mereka tetap nyaman, kata Padgett.

Sebelum hari pengangkutan, tim sampai melakukan gladi bersih dari kolam, ke truk, ke kapal, agar semuanya berjalan lancar.

Pengembaraan Little Grey dan Little White belum berakhir.

Mereka saat ini berada dalam “kolam aklimatisasi”, sehingga mereka bisa menyesuaikan diri dengan suhu Islandia yang lebih dingin.

[Gambas:Instagram]

(ard)

[Gambas:Video ]

Next Post

Absen di MotoGP Austria, GP Portugal Red Carpet Buat Marquez

Jakarta, Indonesia — Marc Marquez¬†dipastikan bakal absen pada MotoGP Austria, di Sirkuit Red Bull Ring, 14-16 Agustus. Namun, peluang Marquez masih terbuka lebar. Pasalnya, pihak Dorna memastikan satu lagi tambahan seri yaitu MotoGP Portugal. Gelaran MotoGP Portugal bakal jadi seri penutup MotoGP 2020 sekaligus semacam red carpet bagi pembalap Honda. […]