Peringatan HUT RI ke-75 di Daerah kala Pandemi Covid-19

Farah

Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia hari Senin (17/8) pagi dilaksanakan di sejumlah daerah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Jakarta, Indonesia —

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia tingkat Provinsi Jawa Barat digelar secara minimalis dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Senin (17/8). Upacara peringatan HUT RI tahun ini dilaksanakan di halaman Gedung Sate yang dipimpin Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dalam Pantauan siaran langsung Youtube Humas Jabar, peringatan HUT RI kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi Covid-19. Selain jumlah peserta upacara yang lebih sedikit dari biasanya, seluruh hadiri tampak mengenakan masker dan jaga jarak.

Sementara Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemprov Jabar lainnya mengikuti upacara peringat HUT ke-75 RI secara virtual.

Ridwan Kamil dalam sambutannya menuturkan, meski suasana saat ini jauh berbeda dengan tahun lalu, peringatan ulang tahun ke-75 kemerdekaan RI tetap harus disyukuri. Dalam empat bulan terakhir, kata dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan II-2020 tumbuh negatif sebesar 5,32 persen, dan di Jabar negatif 5,98 persen.

“Meski kondisi ini masih relatif lebih baik dibandingkan dengan sejumlah negara lain yang mengalami kontraksi sangat dalam, salah satunya ekonomi Uni Eropa minus 14,4 persen,” ujar Ridwan Kamil.

Terkait dengan kondisi saat ini, Ridwan mengatakan, maka upacara peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI tahun ini dilaksanakan sangat minimalis dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat.

Lihat juga:

Jokowi di HUT RI ke-75: Selalu Ada Jalan Keluar

Peringatan Kemerdekaan RI di Ambon

Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ambon tetap menggelar upacara peringatan detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Basarnas Ambon, Djunaidi menyatakan pihaknya tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan upacara di tengah wabah pandemi virus corona (Covid-19) masih melanda Ambon.

Ia bilang, upacara peringatakan HUT Kemerdekaan RI mengedepankan protokol kesehatan, yakni mewajibkan setiap peserta mengenakan masker, menjaga jarak dan membatasi peserta untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di Ambon Maluku.

“Personel Basarnas yang kondisi badan kurang sehat dilarang bergabung, mereka disarankan untuk mengikuti dari rumah, dengan mengenakan pakaian lengkap Basarnas,”kata Djunaidi, saat bertindak selaku inpekstur upacara HUT ke-75, Ambon, Senin (17/8).

(hyg,sai/mik)

[Gambas:Video ]

Next Post

Pendapatan Mitra Grab Naik 194 Persen, di Atas UMK Makassar

Jakarta, Indonesia — Kehadiran Grab di Makassar disebut telah membantu meningkatkan kualitas hidup dan pendapatan mitra UMKM lokal. Hal ini merujuk hasil riset CSIS & Tenggara yang menemukan bahwa teknologi dan digitalisasi Grab meningkatkan pertumbuhan bisnis kecil dan menciptakan lapangan pekerjaan di luar platform Grab. Bahkan UMKM yang tergabung Grab […]